Jelajah Pesona Alam Hutan Mangrove Tapak Semarang

Hutan Mangrove Tapak
Hutan Mangrove Tapak Semarang, Jateng.

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang bosan dengan wisata perkotaan, bisa mencoba jelajah alam bebas dengan mengunjungi Hutan Mangrove Tapak. Lokasinya ada di Desa Tapak, Kelurahan Tugurejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Keberadaan wisata mangrove ini sekaligus menjadi salah satu upaya menyelamatkan pesisir yang semakin tergerus kepentingan bisnis. Kehadirannya pun tak lepas dari upaya masyarakat desa setempat untuk menyelamatkan lingkungannya dari dampak abrasi pantai di pesisir pantai utara tersebut. Sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat.

Upaya melestarikan kawasan Hutan Mangrove Tapak ini dimotori oleh Kelompok Tani Tambak Tapak “Sido Rukun”. Bersama perkumpulan pemuda peduli lingkungan Tapak yang menyebut dirinya “PRENJAK”.

Mereka melakukan upaya konservasi lingkungan. Ada 2 program utama yang mereka lakukan, yaitu pembuatan APO (alat pemecah ombak) dan penanaman mangrove di sepanjang pesisir desa dan pinggir Kali Tapak.

Jenis Bakau di Hutan Mangrove Tapak

Saat berkunjung ke objek wisata mangrove atau bakau ini, Sobat Turisian bisa mengenal dua jenis mangrove yang ada di sana. Yaitu Avicennia marina dan Rhizophora mucronata.

Baca juga: Jalan-jalan ke Kota Semarang Coba deh Mampir ke Koetatoea, Pusat kuliner Ala Eropa

Penanaman mangrove di Hutan Mangrove Tapak tersebut merupakan suatu upaya untuk mencegah abrasi pantai. Sebagai informasi, tanaman mangrove juga berfungsi sebagai biofilter pencemaran air karena mempunyai kemampuan mengakumulasi logam berat yang berasal dari air limbah industri. Selain ada jenis pohon mangrove di atas, ada pula jenis Excoecaria aghalloca, Brugueira cylindrical, dan Xylocarpus mocullensis.

Jenis bakau di Tapak ini tidak jauh berbeda dengan jenis mangrove yang ada di pantai utara dan selatan Jawa Tengah. Di mana terdapat tumbuhan mangrove mayor dengan lokasi sebaran paling luas adalah R. mucronata, lalu S. alba, N. fruticans, A. alba dan A. marina. Tumbuhan mangrove minor paling luas lokasi sebarannya adalah Acrostichum spp.

Habitat Fauna Burung 

Tak hanya mangrove, di kawasan Hutan Mangrove Tapak Tugurejo juga Sobat Turisian bisa bertemu dengan berbagai jenis fauna. Tempat ini menjadi habitat yang baik bagi jenis burung air. Terdapat 447 individu dari 38 spesies burung dari 21 famili (suku) dan 10 ordo atau bangsa (Green Community dan Prenjak, 2012).

Baca juga: 5 Tempat Wisata Hits di Semarang dan Sekitarnya, Menarik Buat Liburan Nanti

Lebih seru lagi, Sobat Turisian bisa menaiki perahu mengitari hutan mangrove ini untuk melihat beberapa jenis burung yang sedang melakukan berbagai aktivitas. Tampak jenis burung Belibis Batu, Kuntul Besar, dan lain sebagainya.*

 

 

Sumber & Foto: kectugu.semarangkota.go.id

Pos terkait