Nikmati Kesegaran Kolam Pemandian Dewi Sri Malang

Pemandian Dewi Sri
Pemandian Dewi Sri Kabupaten Malang, Jatim. (Source: Pemkab Malang)

TURISIAN.com – Liburan Sobat Turisian bersama keluarga di Kabupaten Malang akan semakin seru dengan berkunjung ke Pemandian Dewi Sri. Sebuah objek kolam pemandian dengan air yang sangat segar dan berkhasiat.

Destinasi wisata ini terletak di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berjarak kurang lebih 29 km dari Kota Malang. Berada pada di dataran tinggi sekitar 1500 meter dari permukaan laut, dengan luas mencapai 3,2 Ha.

Pemandian Dewi Sri milik Perhutani ini juga mempunyai posisi yang sangat strategis. Karena terletak di antara objek wisata yang ada di Batu dan destinasi wisata Selorejo. Posisinya berada di tepi Jalan Abdul Manan, Pujon yang menjadi lintasan utama Malang-Jombang-Kediri. Jaraknya sekitar 35 km dari Kota Batu.

Begitu tiba di kompleks wisata Kabupaten Malang yang satu ini, Sobat Turisian bisa bebas memilih berwisata di kolam pemandian ataupun di pasar bunga, buah, sayur dan cendera mata. Namun sebaiknya lebih dahulu menikmati kesegaran air kolam pemandian. Sumber airnya persis berada di kaki  Gunung Dorowati.

Kesegaran & Khasiat Air Pemandian Dewi Sri

Air dengan debit 160 L/detik ini mengalir di antara akar Pohon Pinus dan Pohon Gintungan menuju dua kolam Pemandian Dewi Sri. Uniknya lagi, masyarakat setempat mempercayai kalau air di pemandian ini tak hanya segar, tapi juga berkhasiat menyembuhkan penyakit reumatik dan membuat awet muda.

Baca juga: Coban Glotak, Hidden Gem Wisata Air Terjun Kabupaten Malang

Entah sejak kapan masyarakat dan sejumlah pengunjung meyakini hal tersebut. Tak heran jika berkunjung ke pemandian ini sering kali Sobat Turisian akan menemui pengunjung yang membawa jerigen guna mengambil air dari tempat ini untuk meminumnya di rumah.

Sumber air dari Pemandian Dewi Sri cukup bersih dan sehat karena tidak tercampur bahan kimia apapun. Hebatnya lagi, meskipun musim hujan tiba air dari sumber ini tak pernah keruh.

Nah setelah puas berenang di kolam ini, kesejukan udara tetap akan Sobat Turisian rasakan. Karena terdapat taman bunga dan pohon pelindung yang menyelimuti kolam renang tumbuh subur.

Fasilitas yang bisa Sobat Turisian nikmati dan manfaatkan di Pemandian Dewi Sri ini cukup memadai. Di antaranya dua kolam renang, yaitu kolam renang dewasa berukuran 13 x 25 meter dan kolam anak-anak seluas 8 x 8 meter.

Baca juga: Yuk Wisata ke Teluk Besar Bowele Kabupaten Malang yang Sangat Indah!

Kemudian ada fasilitas taman, restoran, hutan lindung, area parkir yang cukup luas, hingga pasar bunga, buah dan sayuran, serta pusat cendera mata.*

 

Pos terkait