Pura Rambut Siwi, Wisata Religi Bali dengan Sajian Panorama Samudra Hindia

Pura Rambut Siwi
Pura Rambut Siwi di Kabupaten Jembrana, Bali. (Source: Pemkab Jembrana)

TURISIAN.com – Pulau Dewata memiliki banyak bangunan pura sebagai tempat ibadah umat Hindu Bali dengan bangunan yang artistik dan pemandangan alam yang indah. Seperti Pura Rambut Siwi yang berada di Kabupaten Jembrana.

Lokasi pura tersebut di sebelah timur Desa Yeh Embang, Distrik Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali. Jaraknya sekitar 10 km dari Negara, ibu kota Kabupaten Jembarana. Sobat Turisian dapat menjangkaunya dengan menggunakan mobil, kendaraan umum, atau sepeda motor karena letak pura ini di jalan utama Denpasar – Gilimanuk.

Pura Rambut Siwi ini memiliki bangunan Candi Utama terletak di tebing dan memberikan pemandangan Samudra Hindia yang menakjubkan. Candi-candi ini memiliki bangunan candi perwakilan yang terletak di samping jalan utama Denpasar ke Gilimanuk. Nama Rambut Siwi ini sendiri mengandung peninggalan yang merupakan kunci rambut bijak (Rambut) yang dihormati (Siwi).

Tempat ini merupakan salah satu Pura Dang Kahyangan jagat yang terletak di Kabupaten Jembrana Bali. Pura Dang Kahyangan sendiri yaitu tempat suci untuk menghormati guru-guru suci seperti pandeta, Maha Rsi dan para Empu.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Kesenian Jegog Jembrana Bali

Selain itu, Pura Rambut Siwi berkaitan dengan perjalanan suci Dang Hyang Nirartha atau Dang Hyang Dwijendra. Beliau mendapat gelar juga Pedanda Sakti Bawu Rawuh yang berjasa menanamkan ajaran-ajaran agama Hindu.

Daya Tarik Wisata Pura Rambut Siwi

Lokasi pura utama berada di atas tebing pinggir pantai, berlatar pemandangan alam laut Samudra Hindia. Sehingga suasananya indah, tenang, damai dan penuh aura spiritual, tidak mengherankan pura ini menjadi tempat meditasi ataupun menenangkan diri yang paling ideal. Cocok banget buat Sobat Turisian yang butuh healing.

Tak hanya sebagai tempat suci, Pura Rambut Siwi juga menjadi salah satu objek wisata di Kabupaten Jembrana yang menjadi satu tujuan wajib saat Sobat Turisian wisata ke Bali Barat. Sebelum sampai di tujuan utama, kalian akan mendapat suguhan hamparan persawahan seolah menyambut kedatangan kita.

Bangunannya sangat artistik, terlihat megah dan cantik berdiri di pinggir tebing. Berbatasan langsung dengan pantai dan suasana alam sekitarnya indah dan asri, bakal membuat Sobat Turisian betah berlama-lama mengagumi keagungan Tuhan ini.

Terlebih kunjungan wisatawan ke Pura ini terbilang sepi tidak seperti Pura Tanah Lot yang selalu ramai. Sehingga membuat Sobat Turisian bisa lebih leluasa untuk bersantai dan menikmati keindahan yang tersaji. Lebih menarik lagi kalau kalian datang saat sore hari, keindahan sunsetnya menjadi daya tarik yang eksotis banget.

8 Bangunan Pura di Kompleks Pura Rambut Siwi

Di kawasan ini Sobat Turisian akan menemukan 8 buah pura, termasuk Pura Pesanggrahan dan juga pura yang berada di bawah tebing tepi pantai. Tempat pertama persembahyangan adalah Pura Pesanggrahan kemudian Pura Taman, Penataran, Goa Tirta, Melanting, Pura Gading Wani, Pura Ratu Gede Dalem Ped. Serta tempat terakhir persembahyangan di area Pura Luhur (Pura Rambut Siwi).

Baca juga: Sensasi Pacu Adrenalin Lewat Surfing di Pantai Medewi Jembrana Bali

Kemudian untuk inti dari pura di kawasan ini adalah Pura Penataran dan Pura Luhur (Rambut Siwi), sedangkan lainnya adalah Pura Pesanakan. Pada pelataran utama Pura Luhur terdapat sejumlah bangunan suci. Di antaranya Padma, Meru Tumpang Tiga Linggih Ida Betara Pedanda Sakti Bawu Rawuh (Dang Hyang Nirartha), Pengayeng Betara Gunung Agung, Gedong, Meru Tumpang Dua Stana Batari Dewa Ayu Ulun Danu, Palinggih Rambut Sedana, Peselang, Taksu, serta sejumlah bangunan suci lainnya.*

Pos terkait