Mencicipi Kelezatan Sate Klathak Pak Jede Yogyakarta yang Fenomenal

Sate Klathak Pak Jede
Sate Klathak Pak Jede Yogyakarta.

TURISIAN.com – Sate klathak merupakan salah satu kuliner khas Yogyakarta yang kian populer. Terlebih setelah muncul dalam film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2. Nah kalau Sobat Turisian penasaran dengan cita rasanya bisa mencobanya di salah satu kedai yang fenomenal karena tak pernah sepi pengunjung, yaitu Sate klathak Pak Jede.

Kuliner Yogyakarta yang satu ini merupakan sate kambing yang pengolahannya cukup unik karena tusukan dagingnya menggunakan besi. Lalu memakai bumbu-bumbu yang sederhana. Daging yang digunakan pun menggunakan daging kambing muda.

Nama sate klathak sendiri berasal dari proses pembuatannya. Yakni dari bunyi yang muncul saat daging kambing muda dengan taburan garam dalam proses pembakaran. Hal ini dapat Sobat Turisian ketika berkunjung ke Sate klathak Pak Jede.

Lokasi Sate Klathak Pak Jede ini berada di tengah kota. Tepatnya di Jalan Nologaten No. 46, Nologaten, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca juga: Nongkrong Asyik di Kopi Opak, Tempat Ngopi Paling Hits di Jogja

Olahan sate di kedai ini memiliki keunikannya sendiri. Jika biasanya sate olahannya dengan menggunakan bumbu kacang  atau kecap, namun sate klathak hanya memakai bumbu garam. Lebih uniknya lagi, tusuk satenya menggunakan jeruji besi sepeda untuk menyajikannya.

Kelebihan Sate Klathak Pak Jede

Menurut salah satu karyawan di kedai Pak Jede, penggunaan jeruji besi ini merupakan cara agar panas dari proses pembakaran bisa sampai merata ke dalam daging kambingnya. Selain pengolahannya, penyajian sate klathak ini juga cukup sederhana, hanya dengan kuah gulai dan irisan cabai.

Meski begitu, pengunjung sate klathak ini selalu meningkat. Sebab memiliki kelebihan dalam proses pengolahan yang membuat daging kambing muda terasa empuk dan tidak berbau.

Tak heran kalau Sate klathak Pak Jede ini jadi favorit wisatawan saat berlibur ke Yogyakarta. Terbukti dengan selalu ramainya pengunjung. Baik warga lokal maupun wisatawan yang datang dari luar Yogyakarta.

Baca juga: Wajib Coba! Soto Tengkleng Legendaris Sleman yang Satu Ini!

Untuk harga seporsi sate ini sangat terjangkau, sehingga Sobat Turisian pun tak merogoh kocek terlalu dalam. Dengan uang senilai Rp25.000,-, Sobat Turisian sudah dapat menikmati kelezatanya. Tempat makan yang cocok buat menikmatinya bersama keluarga sehabis mengeksplorasi destinasi wisata di Yogykarta.*

 

 

Sumber & Foto: visitingjogja

Pos terkait