Pulau Sagori Bombana dengan Sajian Alam yang Memukau

Pulau Sagori
Pulau Sagori, Kabupaten Bombana,Sultra. (Source: Dispar Bombana)

TURISIAN.com – Berlibur ke Sulawesi Tenggara (Sultra), Sobat Turisian bisa berkunjung ke Kabupaten Bombana. Di daerah ini banyak pulau-pulau kecil dengan sajian alam yang memukau. Salah satunya Pulau Sagori yang terletak di kawasan Pulau Kabaena.

Destinasi wisata indah ini pamornya sudah sangat terkenal, baik di kalangan wisatawan lokal, wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Pulau ini merupakan Karang Atol berbentuk hampir setengah lingkaran.

Pulau Sagori sendiri tinggal beberapa penduduk dari Suku Bajo. Mayoritas mereka bermata pencaharian sebagai nelayan penangkap ikan dan petani rumput laut.

Untuk menuju ke pulau ini, Sobat Turisian bisa melalui ibu kota Kabupaten Bombana. Kalian bisa menggunakan transportasi laut selama kurang lebih 5 jam menuju Kabaeana. Kemudian berlanjut naik speedboat atau perahu nelayan sekira 15 menit ke pulau tersebut.

Daya Tarik Wisata Pulau Sagori Bombana

Di tempat ini, Sobat Turisian pun bisa menikmati beragam daya tarik. Ada keindahan pasir putih yang terhampar luas. Dengan panjang sekitar 3000 meter dan bagian tengah yang paling lebar 200 meter. Kalian juga bisa menemukan deretan pohon cemara di atas pulau yang menambah pesona keindahan.

Baca juga: Mengunjungi Desa Wisata Tangkeno, Negeri di Awan Kabupaten Bombana

Bukan hanya itu, Sobat Turisian juga dapat menikmati keindahan sunset dan sunrise yang indah. Pulau Sagori memiliki pantai berupa hamparan pasir putih dengan hiasan pohon-pohon pinus yang melambai.

Taman bawah lautnya juga tidak kalah indah dari tujuan wisata lainnya karena pulau ini memiliki taman bawah laut yang jernih. Lengkap dengan aneka spesies ikan dan karang bawah laut yang cukup menakjubkan.

Selain pesona alam, Pulau Sagori pun menyimpan peristiwa sejarah. Di masa lalu pulau ini pernah menjadi persinggahan armada Belanda di bawah pimpinan Peter Bot, saat menyerang Kesultanan Buton .

Buktinya, di sekitar pulau ini terdapat rongsokan kapal layar VOC yang perkiraannya berasal dari China. Terletak di kedalaman sekitar 13 meter, tapi saat air surut Sobat Turisian masih dapat melihatnya sekarang juga.

Baca juga: Pulau Kondo di Bombana Suguhkan Pemandangan Alam yang Memesona

Ketika Sobat Turisian berwisata ke Pulau Sagori, bisa sekalian berkunjung ke beberapa pulau kecil. Di antaranya Pulau Kabaena, Pulau Motaha, Pulau Telaga Besar, dan Pulau Telaga Kecil.*

Pos terkait