Kota Jepara Tempat Kelahiran RA Kartini Ini, Punya 5 Fakta Unik Lho

Kota Jepara
Kendi ari yang terbuat dari tanah liat, merupakan salah satu kerajinan unik yang bisa ditemukan di Kota Jepara. FotoL iStock

TURISIAN.comSobat Turisian,  pasti tahu dong Kota Jepara? Ya, Jepara adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Jepara.

Mengunjungi kota Jepara bagaikan kembali memasuki peradaban kuno tempo dulu. Hal ini bisa terlihat  dari berbagai peninggalan sejarah peninggalan pada masa itu.

Beberapa benda, bangunan dan bentang alam yang indah akan kalian jumpai saat pergi ke sana.

Kota ini tidak hanya terkenal sebagai kota lahirnya Pahlawan Nasional Emansipasi Wanita Nasional yaitu RA Kartini.

BACA JUGA: Memeden Gadu, Tradisi Sedekah Bumi yang Unik dari Jepara

Akan tetapi juga terkenal dengan beberapa hal-hal menarik yang sayang sekali untuk terlewatkan. Apa saja itu, yuk kita intip keunikannya ini.

Identik dengan kota ukir

Pada jaman kerajaan Kalinyamat pimpinan Sultan Hadlirin, tersebutkan bahwa sang sultan mempunyai ayah angkat yang berasal dari China.

Beliau membawa batu dari negaranya untuk menjadi ukiran dan sebagai aksesoris Masjid Mantingan yang ada pada Jepara.

Tak hanya itu saja, ayah angkat sultan juga mengajarkan kepada penduduk setempat tentang tata cara mengukir. Karena itulah Kota Jepara mendapat julukan Kota Ukir.

BACA JUGA: Pantai Blebak Jepara Berikan Ketenangan Jiwa dan Panorama Alam yang Asri

Dijuluki sebagai Kota Energi

Slogan RA Kartini,  ’Habis Gelap Terbitlah Terang’ oleh Pemerintah Kabupaten Jepara terealisasikan dengan adanya PLTU Jepara.

Keberadaannya sangat penting, sebagai pemasok listrik untuk pulau Jawa, Bali dan Madura. Oleh sebab itu, pada jaman gubernur Bibit Waluyo, Kota Jepara  mendapatkan julukan sebagai Kota Energi.

Kota Fashion dan Kota Kerajinan

Hal menarik lain dari kota Jepara yaitu sebagai tempat  berbagai produk fashion seperti, tenun ikat Toso, konveksi pakaian dan bordir, perhiasan monel, serta perhiasan emas.

Selain itu juga, Kota Jepara juga  sebagai pusat Kota Kerajinan. Hal ini terbukti dengan peninggalan kerajinan patung relief, gerabah, rotan, anyaman bambu, seni macan kurung dan sebagainya.

BACA JUGA: Jepara Ourland Park, Usung Tema Rusia dan Mediterania dengan Wahana Menarik

Caribbean Van Java

Keindahan kepulauan Karimunjawa mempunyai kesamaan lain dengan kepulauan Karibia atau Hindia Barat.

Yakni, kepulauan itu terdiri dari pulau-pulau kecil yang terbentang menuju selatan bawah Florida ke barat laut Venezuela di Amerika Selatan.

Oleh sebab itu, pada jaman kependudukan bangsa Belanda, pemerintah Belanda memberi julukan Jepara sebagai Caribbean Van Java.

BACA JUGA: Pantai Bandengan Jepara yang Indah, Tempat Bermain Masa Kecil Kartini

Scheveningen Van Java

Julukan ini diberikan oleh sahabat RA Kartini, yang bernama Ny. Ovink yang pada saat itu berkunjung ke Jepara untuk berlibur bersama suaminya. Mereka pergi berlibur di pantai 7 kilo meter arah utara Jepara yang sekarang dikenal sebagai Pantai Bandengan. Ia takjub dengan keindahan pasir putih di sana dan menyamakannya dengan pantai di Holland yang bernama Klein Scheveningen.

Nah, Sobat Turisian,  gimana pendapat kalian tentang kota ini setelah membaca pemaparan di atas? Pasti penasaran kan ingin mengunjungi kota Jepara? Ingin membuktikan keadaan yang sesungguhnya.

Berkunjung ke kota Jepara dijamin puas. Sebab, selain punya fakta unik dan nilai sejarah masa lalu yang indah. Fakta lain Jepara juga dikenal sebagai destinasi wisatanya yang mengagumkan. Pokoknya dijamin tidak bakal rugi dan menyesal berwisata di kota ini. ***

Pos terkait