Pantai Bandengan Jepara yang Indah, Tempat Bermain Masa Kecil Kartini

Pantai Bandengan
Lanskap indah Pantai Bandengan, Jepara.

TURISIAN.com – Selain Pantai Kartini, saat liburan ke Jepara Sobat Turisian juga wajib mampir ke objek wisata pantai lainnya yang sama indahnya dan lekat dengan sosok pahlawan R.A. Kartini. Nama tempatnya Pantai Bandengan atau dikenal juga dengan sebutan Pantai Tirto Samudro.

Pantai Bandengan menjadi tempat bermain Kartini dari masa kecil hingga dewasa.  Di tempat wisata Jepara ini, Kartini kecil bersama kedua adiknya sering diajak bangsawan Hindia Belanda, Ny. Ovink Soer (istri asisten residen) bersama suaminya.

Ketika baranjak dewasa, Kartini pun banyak menghabiskan waktu di Pantai Bandengan. Tujuannya untuk merenung dan mencari inspirasi. Termasuk membahas cita-citanya bersama Mr. Abendanon untuk belajar ke negeri Belanda.

Di balik kisah sejarah Kartini yang melekat di tempat ini, Pantai Bandengan Jepara juga memiliki pemandangan alam yang memesona. Hamparan pasir pantainya yang putih dengan air laut yang jernih, akan memanjakan mata Sobat Turisian dan tak tahan untuk berenang.

Untuk berkunjug ke Pantai Bandengan, sebaiknya Sobat Turisian datang di waktu pagi dan sore hari. Selain cuacanya tak begitu panas, datang pagi atau sore hari, Sobat Turisian bisa sekalian menikmati pesona sunrise pagi dan sunset di kala senja.

Baca juga: Yuk Tamasya ke Pantai Kartini Jepara, Nikmati Pesona Alam Hingga Berbagai Wahana!

Sobat Turisian juga dapat duduk-duduk santai di atas shelter yang tersedia di sana dan menjadi ikon pantai ini. Sembari menikmati indahnya alam sekitar dengan semilir angin pantai dan udara yang masih alami tanpa polusi.

Aktivitas Wisata di Pantai Bandengan

Aktivitas wisata lain yang bisa Sobat Turisian coba lakukan di Bandengan cukup beragam. Dapat melakukan camping, voli pantai, sepeda santai, atau kegiatan serupa lainnya. Di dalam area destinasi wisata Jepara ini pun sering berlangsung event motorcross dan festival layang-layang yang seru untuk Sobat Turisian saksikan.

Masih belum puas? Tenang, Sobat Turisian bisa menjajal wahana olahraga air di Pantai Bandengan, seperti jetski, banana boat, dan kano. Ada pula ATV dan kereta wisata untuk menjelajahi kawasan wisata ini. Lebih asyik lagi, menaiki kapal wisata berkapasitas 30 orang untuk menuju Pulau Panjang.

Setelah puas mengeksplorasi Pantai Bandengan, Sobat Turisian juga bisa istirahat sambil mengisi perut dengan aneka menu kuliner. Di sini banyak warung makan yang menyajikan makanan menu seafood dan lainnya. Seperti ikan, udang, cumi-cumi, kerang, kepiting atau rajungan yang masih fresh.

Lokasi & Fasilitas Pantai Bandengan Jepara

Objek wisata pantai seluas 16 hektare tersebut, berlokasi sekitar 7 km sebelah utara dari pusat kota Jepara. Dari pusat kota, dapat Sobat Turisian jangkau dengan kendaraaan pribadi atau umum selama kurang lebih 10 menit perjalanan.

Baca juga: Jalan-Jalan ke Benteng Portugis Jepara yang Menyimpan Nilai Historis

Dalam kawasan wisata ini juga tersedia fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Termasuk gedung serbaguna yang bisa disewa untuk kegiatan gathering, pertemuan, pernikahan, dan lainnya. Akomodasi penginapannya pun memadai, baik yang berada di dalam area maupun di luar kawasan.*

 

 

 

Sumber & Foto: Disparbud Jepara

Pos terkait