Pulau Lengkuas Mampu Membuat Delegasi G20 Berdecak Kagum, Ini Reaksinya

Pulau Lengkuas
Daniela, bersama putranya Samuel bermain dengan kura-kura kecil di Pulau Lengkuas, Kabupaten Belitung. Keluarga traveler ini menjelajahi negeri Laskar pelangi itu dengan segala keelokannya. (Instagram/@uzsmetam)

TURISIAN.com – Pulau Lengkuas di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mampu membuat para delegasi Development Ministerial Meeting (DMM) G20 berdecak kagum.

Mereka tidak membayangkan selama ini, ada sebuah gugusan pulau yang sangat indah dan membuat mereka seperti berada pada kepingan surga yang jatuh ke bumi.

Karena keindahan pariwisata yang eksotik di Pulau Belitung itu, mereka pun berjanji akan kembali bersama keluarga untuk berwisata ke daerah itu.

Menurut Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin, para delegasi G20 dari 22 negara itu terkesima melihat keindahan alam Pulau Lengkuas, Kabupaten Belitung atau juga akrab dengan sebutan Negeri Laskar Pelangi.

BACA JUGA: Kepulauan Provinsi Babel, Menjadikan Eks Tambang Sebuah Destinasi Menarik

“Para delegasi G20 ini sangat terkesan dan kagum dengan keindahan Pulau Lengkuas ini,” kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin seperti dikutip Turisian.com dari Antaranews, Senin 12 September 2022.

Ia mengatakan dalam kunjungan ke Pulau Lengkuas ini, para delegasi G20 dari 22 negara ini banyak bertanya mengenai proses terjadinya batu-batu besar tersusun rapi di pulau itu.

Selain itu, para delegasi ini juga menanyakan menara mercusuar yang didirikan 1882 yang masih kokoh berdiri di Pulau Lengkuas. Serta menjaga keindahan alam yang masih alami sebagai objek wisata.

“Kami menjelaskan bebatuan ini secara ilmiah dan secara geologi dan juga tujuan pendirian menara untuk kepentingan pelayaran. Dengan adanya penjelasan ini, mereka terkesan dengan ketersediaan informasi yang telah berikan,” katanya.

BACA JUGA: Ingin Ngopi di Belitung Timur ? Kalian Harus Tau Caranya

Ingin Memboyong Keluarga untuk Datang Kembali

Para delegasi selama perhelatan G20 di Pulau Belitung sangat senang dan terkesan dengan persiapan pemerintah daerah dengan melibatkan masyarakat.

Mereka senang melihat jalan dan kota yang bersih.

Tidak hanya itu, para delegasi ini juga sangat senang melihat anak-anak yang melambai-lambaikan bendera menyambut mereka.

Mereka sangat berterima kasih dengan kehangatan yang masyarakat berikan kepada mereka.

“Mereka juga senang dengan produk-produk UMKM yang ramah lingkungan, bernilai seni tinggi dan menggerakkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Head of Cabinet for Commissioner Urpilainen of Europian Commision Tanelli Lahti menyampaikan kesan mengenai keindahan Pulau Belitung.

BACA JUGA: Provinsi Kepulauan Babel, Dari Bekas Tambang ke Pariwisata Menawan (Part 1)

Ia juga ingin memboyong keluarganya untuk mendatangi Belitung.

Dirinya mengaku pengalaman di Pulau Belitung luar biasa.

“Saya baru saja tiba di sini dan melihat ini dan itu baru bagi saya. Aku belum pernah melihat ini sebelumnya,” katanya.

“Ini pertama kalinya saya mengalami hal seperti ini. Uniknya, saya suka suasananya luar biasa. Alamnya sangat luar biasa,” katanya.

BACA JUGA: Cantiknya Pulau Pahawang, Spot Snorkeling yang Asyik Bagi Para Petualang

Hal yang sama juga dikemukakan Associate Vice-President, External Relations and Governance yang berasal dari organisasi International Fund for Agricultural Development (IFAD), Santala.

Ia  sangat senang sekali bisa berada langsung ke Kawasan Pulau Lengkuas.

“Pasirnya putih, airnya cantik dan semuanya indah. Saya menyukai semua hal mengenai Belitong dan Pulau Lengkuas dengan Menara Mercusuarnya. Sangat indah,” kata Santala. ***

Bahkan ada Fatou Haidara, delegasi Managing Director dari United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) menyempatkan diri untuk naik ke puncak menara mercusuar yang ada di Pulau Lengkuas.

“Sangat cantik, kamu harus ke sana,” ungkapnya. ***

Pos terkait