Yuk Wisata Edukasi ke Museum Bahari Yogyakarta, Mengenal Dunia Maritim!

Museum Bahari Yogyakarta
Museum Bahari Yogyakarta. (dok. bahari.museum.jogjaprov.go.id)

TURISIAN.com – Indonesia sebagai negara kepulauan terkenal juga dengan sebutyan negara maritim karena memiliki lautan yang luas. Bahkan nenek moyang Indonesia dipercaya sebagai pelaut ulung. Nah untuk mengenal lebih jauh tentang dunia maritim di Nusantara ini, Sobat Turisian bisa mengunjungi Museum Bahari Yogyakarta.

Keberadaan destinasi wisata edukasi ini merupakan prakarsa dari seorang prajurit TNI AL, Laksamana Madya TNI Yosafat Didik Heru Purnomo. Dengan latar belakang kecintaanya pada kelautan dan keresahannya pada generasi muda yang kurang peduli terhadap bidang kelautan.

Akhirnya beliau menghibahkan rumah pribadinya sebagai museum. Dengan nama resmi Museum Bahari Yogyakarta yang buka untuk umum pada tanggal 25 April 2009.

Baca juga: Museum History of Java Yogyakarta Kenalkan Sejarah Jawa Lewat Teknologi AR

Kalau berkunjung ke sini, Sobat Turisian dapat menikmati seluk beluk tentang dunia maritim. Kalian dapat mengetahui dan menambah wawasan secara detail soal isi anjungan kapal perang, serta film dokumenter sejarah TNI AL.

Koleksi Museum Bahari Yogyakarta

Bukan hanya itu, Sobat Turisian juga dapat melihat koleksi kelautan dan pertahanan laut. Berupa meriam, bom laut, torpedo, alat selam, telegraf, miniatur kapa, peta laut dunia, jangkar, dan replika kapal beserta komponen-komponen di dalamnya.

Museum Bahari hadir dengan empat ruang utama, yaitu ruang koleksi dan souvenir, ruang koleksi yang terdapat di lantai dua, lalu ruang anjungan. Dan terakhir ruangan audio visual yang lengkap dengan peralatan audio visual untuk pemutaran film yang berkaitan dengan kelautan.

Selain koleksi tersebut, di museum ini Sobat Turisian pun bisa mencoba simulasi di anjungan kapal yang lengkap dengan sistem kendali senjata dan navigasi. Tambah lagi peralatan pendukung kapal perang seperti baling-baling, ranjau, torpedo, dan meriam.

Lokasi Museum Bahari Yogyakarta

Objek wisata edukasi Yogyakarta ini berlokasi di Jalan RE Martadinata No. 69 Wirobrajan. Sobat Turisian bisa berkunjung ke tempat ini pada hari Selasa – Minggu. Bukanya pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 15.30 WIB.

Baca juga: Desa Wisata Kembangarum Yogyakarta Ajak Wisatawan Edukasi Lingkungan

Tiket masuk Museum Bahari Yogyakarta sekitar Rp2000 per orang. Khusus untuk pengunjung rombongan harus melakukan pemberitahuan terlebih dahulu. Agar pengelola museum dapat mempersiapkan segala sesuatunya.*

Pos terkait