Kedung Pedut, Air Terjun di Jogja dengan Kolam Berkabut nan Eksotis

Kedung Pedut Jogja
Kedung Pedut di Kulon Progo, Yogyakarta. (Source: Dinpar Kulon Progo)

TURISIAN.com – Saat bertamasya ke Yogyakarta, arahkan perjalan Sobat Turisian ke Kabupaten Kulon Progo. Sebab di wilayah ini, ada banyak hidden gem pesona alam yang wajib Sobat Turisian kunjungi. Salah satunya Kedung Pedut yang tampil indah dan eksotis.

Kedung Pedut Jogja ini merupakan salah satu objek wisata alam yang banyak penggemarnya, terutama kalangan anak muda. Bahkan wisatawan asing pun sudah banyak mengunjungi objek wisata yang buka sejak Februari 2015 ini.

Lokasi tempat wisata ini terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Air terjun ini termasuk dalam Desa Wisata Jatimulyo.

Nama Kedung pedut ini berasal dari Bahasa Jawa, “Kedung” berarti kolam dan “Pedut” artiinya kabut. Jadi tempat ini merupakan kolam berkabut. Hal ini dikarenakan saking derasnya saat air jatuh ke bawah menuju kolam, menyebabkan sekitaran kolam tersebut seperti berkabut.

Ada lagi keunikan lainnya dari objek wisata Jogja ini yang bisa Sobat Turisian lihat dan nikmati. Yaitu keindahan dari air yang jernih dan dapat berubah warna menjadi tosca.

Baca juga: Menikmati Pesona Keindahan Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo

Di Kedung Pedut, Sobat Turisian juga bisa menikmati pesona aliran sungai dan beberapa spot foto yang tampak eksotis dan instagenic banget. Sobat Turisian bisa memuaskan diri berswafoto untuk menambah koleksi foto media sosial.

Bukan hanya itu, ada pula beberapa permainan tambahan lain yang bisa Sobat Turisian coba, seperti  wahana permainan flying fox yang cukup bikin deg-degan namun sangat seru.

Sebelum menikmati keindahan tersebut, Sobat Turisian harus berjuang dulu dengan berjalan kaki sejauh 500 meter. Mulai dari lokasi parkir objek wisata ini sampai di lokasi air terjunnya, melalui jalan setapak yang sudah di-coorblock.

Perjalanan ke Kedung Pedut Kulon Progo

Namun rasa lelah akan cepat hilang karena sepanjang perjalanan menuju air terjun ini sangat asri dan rindang. Kebersihan lingkungan sekitaran pun sangat terjaga dengan baik.

Air Terjun Kedung Pedut tak jauh dari destinasi wisata air lainnya. Ada Air Terjun Kembang Soka dan Ekowisata Sungai Mudal. Jadi Sobat Turisian bisa sekalian mampir ke objek lainnya.

Baca juga: Ekowisata Sungai Mudal Menjadi Andalan Pariwisata Kulon Progo, Ini Keindahannya

Perjalanan dengan rute terbaik menuju objek wisata Jogja ini,  dapat Sobat Turisian tempuh kurang lebih 50 km ke arah barat dari kota Yogyakarta. Jalur yang bisa digunakan adalah melewati Jalan Godean ke barat.*

Pos terkait