Ekowisata Sungai Mudal Menjadi Andalan Pariwisata Kulon Progo, Ini Keindahannya

Ekowisata Sungai Mudal
Pengunjung sedang bermain di kawasan Ekowisata Sungai Mudal di Kabupaten Kulon Progo. (Instagram/@ekowisatasungaimudal_official)

TURISIAN.com  – Ekowisata Sungai Mudal menjadi andalan dalam menarik wisatawan berkunjung ke Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Destinasi yang berada tepat di Banyugantu, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo tersebut merupakan salah satu tujuan wisata favorit wisatawan.

Mereka yang kebetulan sedang melancong ke Yogyakarta sayang untuk melewatkan kawasan ini, Kulon Progo.

Pasalnya, ini mampu memanjakan mata para pengunjungnya dengan keindahan air terju. Tidak hanya, itu  sungai yang selalu nampak bening, kerap menjadi pemandian alami. Atau untuk sekedar berfoto demi mengisi konten media sosial.

Dalam acara Media Famtrip pada Rabu 14 Juni 2022 oleh Grand Dafam Signature International Airport Yogyakarta yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kulon Progo.

Jono selaku bagian dari Forum Komunikasi Pariwisata Kulon Progo menjelaskan bahwa tempat wisata ini telah diresmikan sejak tahun 2015.

BACA JUGA: Destinasi Wisata Kulon Progo Diuntungkan Culture Dan Nature-nya

“Sungai ini namanya Sungai Mudal. Kemudian pada bagian bawahnya lagi air terjun Kembang Soka. Bawahnya  lagi ada air terjun Kedang Pedut. Ketiganya bisa menjadi tempat bermain wisatawan semua. Ketika ramai pada salah satu titik, mereka saling menyimpulkan ‘Oh, ini lagi tutup’. Mereka masuk ke tempat lain. Mereka masuk ke Kembang Soka,” jelas Jono.

Arti Nama Mudal

“Ini tentu menjadikan keuntungan ekosistem pariwisata pada  area sekitar. Apalagi setelah pandemi ini malah bisa bangun-bangun seperti ini (jembatan),” sambungnya.

Dari laman Dinas Pariwisata Kulon Progo menyebutkan, Mudal adalah mata air yang mengalir sepanjang tahun menjadi sumber air bersih oleh warga sekitar. Nama Mudal sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang berarti “Keluar”.

BACA JUGA: Menikmati Pesona Keindahan Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo

Dari tempat parkir, pengunjung harus berjalan sekitar 500 meter menuju lokasi Sungai Mudal. Tak hanya menjadi latihan  berenang, fasilitas lain yang dapat dinikmati oleh pengunjung  adalah camping ground dan flying fox.

Ekowisata Sungai Mudal  ini juga lengkap dengan gazebo yang dapat menjadi salah satu point untuk beristirahat.

Dari Yogyakarta, pengunjung dapat mengambil rute ke arah barat melalui Jalan Godean kemudian ke arah Kulon Progo kurang lebih 50 km. ]

Sungai Mudal  mulai beroperasi pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Bagi pengunjung yang tak bisa berenang, mereka dapat meminjam ban. Selain itu, setiap titik juga memiliki pemandu sehingga jika terjadi sesuatu akan dapat diantisipasi. ***

Sumber: Antaranews

 

Pos terkait