Tiga Masjid Legendaris di Madiun, Pilihan Menarik Buat Wisata Religi

Masjid legendaris Madiun
Masjid Kuncen merupakan masjid tertua di Madiun.

TURISIAN.com – Kota Madiun di Jawa Timur tak hanya menawarkan wisata dan rekreasi keluarga. Tetapi juga memiliki tempat wisata yang sarat akan nilai sejarah dan menjadi objek wisata religi. Di antaranya ada sejumlah masjid legendaris di Madiun yang menarik buat Sobat Turisian kunjungi.

Sedikitnya ada tiga masjid legendaris di Kota Madiun yang usianya sudah mencapai ratusan tahun. Berikut ini ketiga masjid tersebut, antara lain:

1. Masjid Kuno Kuncen

Objek wisata religi Madiun yang satu ini bernama Masjid Kuno Kuncen, dengan nama lain Masjid Nur Hidayatulloh. Tempat ibadah umat muslim ini menjadi yang tertua di Kota Madiun. Pembangunannya pada masa pemerintahan Pangeran Timoer sebagai Bupati Madiun. Tepatnya pada tahun 1567.

Selain sebagai tempat beribadah, masjid legendaris di Madiun ini juga sering menjadi tempat singgah para peziarah. Mereka yang ingin berziarah ke makam yang mengelilingi masjid ini. Makam tersebut tak biasa, karena merupakan tempat peristirahatan terakhir para Bupati Madiun , diantaranya yaitu Ki Ageng Panembahan Ronggo Jumeno, Bupati Mangkunegara I, dan Patih Wonosari.

Selain makam, bukti peninggalan sejarah juga terdapat pada artefak-artefak di sekeliling masjid. Serta adanya sendang atau tempat pemandian keramat.

2. Makam dan Masjid Kuno Taman

masjid legendari Madiun

Masjid legendaris Madiun berikutnya ini, terletak di Jalan Asahan No. 46, Kelurahan Taman. Pendiriannya pada tahun 1754 oleh Kyai Donopuro. Terletak persis di samping makam kuno yang juga menjadi cagar budaya dan peninggalan sejarah. Bahkan masjid ini sempat mengalami renovasi.

Baca juga: 7 Rekomedasi Tempat Nasi Pecel di Kota Madiun yang Wajib Dicoba

Bangunan utamanya menggunakan material dari kayu jati dengan ukuran yang cukup besar. Bergaya arsitektur Jawa, masjid ini beratap tajug khas joglo dengan tiga pintu masuk utama.

Kemudian Masjid Kuno Taman ini juga lekat dengan sejarah Kerajaan Mataram yang menjadi cikal bakal berdirinya Madiun. Kyai Donopuro juga menjadi pionir penyebaran Islam di wilayah Kota Pendekar ini dan sekitarnya.

Di tahun 1981, masjid ini masuk dalam daftar peninggalan cagar budaya. Saat itu juga, namanya pun resmi berganti menjadi Masjid Besar Kuno Madiun.

3. Masjid Agung Baitul Hakim Madiun

masjid legendaris madiunDi balik kemegahannya, Masjid Agung Baitul Hakim Madiun juga menyimpan dana. Namun tak ada yang mengira jika masjid ini memiliki nilai sejarah. Bangunan yang terlihat modern di area luar, ternyata hasil dari renovasi besar-besaran pada tahun 2002 hingga 2011.

Masjid legendaris Madiun ini terletak tepat di sisi barat Alun-Alun Kota Madiun. Tak ada yang tahu pasti kapan masjid ini berdiri, namun dipercaya bahwa masjid ini menjadi salah satu peninggalan Ronggo Jumeno sekitar tahun 1830-an.

Baca juga: Wisata Religi ke Situs Giri Kedaton Peninggalan Sunan Giri di Gresik

Bangunan masjid ini memiliki 5 kubah besar, 3 kubah lebih kecil, serta 1 kubah di bagian selatan. Selain itu, juga terdapat menara yang menjulang setinggi 25 meter di utara pintu gerbang masjid.*

 

 

 

Sumber & Foto: Disbudparpora Madiun

Pos terkait