Wisata Religi ke Situs Giri Kedaton Peninggalan Sunan Giri di Gresik

Situs Giri Kedaton Gresik
Situs Giri Kedaton Gresik.

TURISIAN.com – Liburan akhir pekan ini, gimana kalau Sobat Turisian arahkan perjalanan wisatanya ke wilayah Jawa Timur. Di sana ada Situs Giri Kedaton di Gresik yang merupakan istana (kedaton) peninggalan Sunan Giri.

Sekitar abad ke-15 sampai 17, tempat ini menjadi pusat pemerintahan Sunan Giri atau Raden Paku, salah seorang Walisongo. Sobat Turisian bisa menjadikan Giri Kedaton sebagai tujuan wisata religi bersama keluarga.

Bersumber dari laman cagarbudaya.kemdikbud, Giri Kedaton dibangun Sunan Giri pada tahun 1487. Keberadaan bangunan ini berawal dari permintaan sang ayah, Maulana Ishak, seorang ulama di Pasai. Ayahnya itu menyuruh Raden Paku untuk membangun sebuah pondok pesantren di wilayah Gresik.

Akhirnya Sunan Giri menemukan tanah yang mirip dengan tempat tinggal ayahnya. Tanah itu terletak di Bukit Giri (sekarang masuk Kecamatan Kebomas, Gresik). Di atas bukit inilah lalu Raden Paku mendirikan sebuah pesantren bernama Giri Kedaton.

Baca juga: Wisata Religi dengan Mengunjungi Wali Songo di Pulau Jawa

Raden Paku pun menjadi pemimpinnya yang bergelar Prabu Satmata atau Sunan Giri I. Pesantren dan pusat agama Islam tersebut, selanjutnya dijalankan secara turun temurun oleh para keturunannya.

Bangunan Situs Giri Kedaton Gresik

Saat berkunjung ke destinasi wisata religi Gresik ini, Sobat Turisian akan melihat bentuk bangunan di Situs Giri Kedaton berdenah persegi empat. Terletak di sebuah bukit dengan teras berundak-undak. Terdiri atas lima teras yang semakin ke atas semakin kecil. Antara teras satu dengan teras yang lainnya ditandai dengan struktur dinding teras.

Bangunan teras berundak tersebut terbilang unik karena desainnya menyesuaikan dengan kontur tanah yang ada. Pada beberapa bagian halaman teras, Sobat Turisian bisa melihat fasilitas dan tinggalan arkeologi lainnya.

Berkat nilai historis yang sangat kental itulah, situs bersejarah di Gresik ini pun banyak peziarah maupun wisatawan umum berdatangan. Mereka menjadikan Giri kedaton sebagai tempat bermunajad dan belajar sejarah bangunan kuno.

Konon, menurut cerita masyarakat setempat, istana ini pun merupakan tempat pengukuhan raja-raja Islam Demak sampai Pajang.

Di sana, Sobat Turisian juga dapat menyaksikan bangunan sebuah masjid atau pondok pesantren yang pertama di Giri. Namun sayangnya kini tinggal menyisakan puing-puing saja.

Baca juga: Pulau Cangkir yang Indah, Jadi Wisata Religi Populer di Tangerang

Termasuk kelengkapan kedaton lainnya berupa batu pelinggihan, kolam wudhu, dan dinding pagar kuno. Di belakang masjid terdapat pula makam Raden Supeno, putra Sunan Giri yang meninggal ketika masih remaja.

Lokasi Situs Giri Kedaton terletak di puncak sebuah bukit dengan tanjakan tajam yang relatif curam. Tepatnya di wilayah Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Berjarak sekitar 200 meter sebelah selatan dari Kompleks Makam Sunan Giri.*

 

 

 

Sumber & Foto: Disparbud Kab. Gresik

Pos terkait