Liburan Seru di Desa Wisata Bonjeruk Lombok Tengah

Desa Wisata Bonjeruk
Hamparan hijau alam Desa Wisata Bonjeruk, Lombok Tengah. (Source: indonesia.travel)

TURISIAN.com – Berwisata ke Lombok pasti banyak dari Sobat Turisian yang terbayang pantai yang indah berpasir putih. Tapi di luar pantai, pulau ini juga menyimpan destinasi desa wisata dengan beragam aktivitas menarik. Salah satunya Desa Wisata Bonjeruk di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Desa di Lombok ini sangat menarik untuk Sobat Turisian kunjungi saat liburan bersama keluarga atau teman. Selain alamnya yang memesona, desa wisata ini menawarkan beragam aktivitas wisata yang seru untuk Sobat Turisian lakukan.

Selain terkenal sebagai desa wisata, Bonjeruk juga masih memegang teguh adat kebiasaan Suku Sasak dan juga dikenal sebagai desa bersejarah. Pasalnya pada masa Kolonial Belanda, desa ini pernah menjadi Pusat Pemerintahan Kedistrikan Hindia Belanda.

Catatan perjalanan sejarah desa wisata Lombok ini cukup panjang. Hal tersebut dapat Sobat Turisian lihat buktinya berupa peninggalan bangunan-bangunan tua bergaya arsitektur Eropa yang kontras dengan wilayah pedesaan tradisional.

Salah satu bangunan heritage yang populer dan menjadi ikon Desa Wisata Bonjeruk tersebut yaitu sebuah gapura berwarna krem. Di bagian atasnya tertera tulisan “Bondjeroek den 10 mei” dengan angka tahun 1933.

Baca juga: 5 Tempat Yoga di Lombok Buat Tenangkan Jiwa dan Pikiranmu!

Bangunan bersejarah ini berdiri pada 1933, sebagai gerbang masuk menuju komplek perumahan dengan desain art deco peninggalan Belanda. Tidak mengherankan jika terdapat beberapa bangunan bergaya Eropa di desa tersebut.

Daya Tarik & Aktivitas Seru di Desa Wisata Bonjeruk

Daya tarik dan keunikan desa wisata ini tak berhenti sampai di situ. Memanfaatkan potensi alamnya yang subur, desa ini menawarkan pengalaman agrowisata yang beragam.

Sobat Turisian bisa menyaksikan kegiatan pertanian, perkebunan buah, persawahan, dan perdagangan hasil bumi. Kalian juga bisa mencoba sendiri buah-buahan segar yang diambil langsung dari kebun desa.

Kalau belum puas, Sobat Turisian bisa bersepeda santai di antara hamparan perkebunan dan sawah yang berundak. Panora alam yang menjadi daya tarik utama di Desa Wisata Bonjeruk.

Pemerintah desa setempat bahkan sudah membangun sebuah jalur sepeda di beberapa areal perkebunan. Kegiatan bersepeda itu pun menjadi incaran favorit wisatawan yang gemar bersepeda sembari menghirup udara sejuk pedasaan.

Belajar Bahasa Inggris & Memasak di Desa Bonjeruk

Aktivitas wisata lainnya yang unik dari Desa Bonjeruk yaitu kegiatan belajar Bahasa Inggris dengan suasana alam terbuka. Sobat Turisian bisa belajar di taman bunga atau aula terbuka. Bahkan tak hanya belajar, selama beraktivitas di desa ini berkomunikasi pun harus dengan Bahasa Inggris.

Baca juga: Keindahan Terasering Sawah Desa Mareje Lombok, Seperti di Ubud Bali

Jadi jangan heran kalau Sobat Turisian menemukan petani kebun yang menyapa dengan Bahasa Inggris, ya! Selain kelas Bahasa Inggris, terdapat pula kelas edukasi UKM hingga kelas memasak. Wah keren banget ya Sob!*

 

Pos terkait