Jalur Wisata Cianjur Mulai Dipadati Kendaraan yang Ingin Berwisata

Jalur Wisata Cianjur
Petugas kepolisian Polres Cianjur berjaga di Puncak Pass Cipanas, Cianjur. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

TURISIAN.com  – Jalur wisata Cianjur, Jawa Barat hingga Sabtu malam 9 Juli 2022 mulai terlihat oleh  volume kendaraan yang datang dari luar kota bernopol Jabodetabek.

Mereka ingin menuju kawasan Puncak-Cipanas untuk berlibur. Begitu pun pemudik jarak dekat mendominasi jalan-jalan ke beberapa objek wisata.

Hal ini terlihat, sejak sore hingga malam volume kendaraan yang melintas meningkat. Bahkan pada sejumlah titik rawan kemacetan mulai dari pertigaan Hanjawar hingga Jalan Raya Bandung-Cianjur, tepatnya depan Pasar Ciranjang sempat terlihat antrean kendaraan.

Laju kendaraan tersendat selama beberapa menit. Sehingga petugas bersiaga pada titik rawan guna mengantisipasi terjadi macet total.

Terlebih malam hari raya kurban warga tidak boleh  melakukan takbir keliling guna mencegah hal tidak yang bisa menggangu ketertiban.

BACA JUGA: Hari Jadi Cianjur, Bakal Tampilkan Objek Wisata yang Memiliki Daya Tarik

Pemudik Jarak Dekat

Sepanjang jalur Bandung-Cianjur, kendaraan yang melintas dominasi pemudik jarak dekat dengan tujuan Bandung, Garut, Tasikmalaya dan seterusnya. Kendaraan roda dua dengan ciri khas mudik, banyak melintas ke ruas jalanan tadi.

Sementara itu, Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan, mengatakan memasuki hari H hari raya kurban, volume kendaraan yang melintas pada  jalur utama Puncak-Cianjur meningkat.

Memang, peningkatannya tidak terlalu tinggi, namun mengantisipasi terjadi macet total  pihaknya menyiagakan jajaran lantas.

“Sejak pagi hingga malam volume kendaraan mengalami peningkatan. Kendaraan pendatang berbaur dengan pemudik jarak pendek oleh dominasi roda dua. Mereka mengarah ke jalur wisata Cianjur,” paparnya.

BACA JUGA: Menikmati Petang Di Sisi Istana Cipanas, Tetap Menyimpan Keindahan

Antrean kendaraan terlihat juga terlihat pada  titik rawan kemacetan mulai dari kawasan Puncak-Cipanas hingga Pasar Ciranjang.

Menjelang malam tutur dia, pihaknya akan melakukan patroli gabungan guna mengantisipasi takbir keliling. Jika petugas menemukan rombongan takbir keliling,  yang akan mengarakan kembali ke daerahnya masing-masing. Apalagi sampai  memaksakan diri melakukan konvoi kendaraan.

“Untuk antisipasi macet dari malam hingga Minggu pagi, kita siagakan Satuan Lalu Lintas dibantu petugas Patroli dari masing-masing polsek, sedangkan untuk antisipasi takbir keliling kami bersama forkopimda akan melakukan patroli,” katanya. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait