Lintang Gowes Ketupat: Saguling Loop 2022 Menempuh Rute 78 Km

Lintang Gowes Ketupat
Komunitas Gowes Institut Teknologi Bandung (ITB) yang tergabung dalam ITB-Lintang, Minggu 26 Juni 2022 menggelar event Lintang Gowes Ketupat: Saguling Loop 2022. Foto: Dok.ITB-Lintang

TURISIAN.com – Komunitas Goweser ITB-Lintang kembali menggelar event tahunan mereka. Kali ini, mengambil tema “Lintang Gowes Ketupat: Saguling Loop 2022.

Start dari Taman Kopo Indah Bandung dengan finish Alun-alun Kota Cimahi.  Event yang berlangsung pada Minggu 26 Juni 2022 itu, mengambil rute sejauh 78 Km.

Sebagai event gowes bareng pertama setelah lebaran, touring bersama ini mengajak para anggota ITB-Lintang untuk berkeliling daerah sekitar Bandung (Tatar Priangan).

Sedikitnya 78 km jarak yang peserta tempuh dengan total elevasi lebih dari 1000 meter.

Tujuan dari event ini adalah event gowes untuk membakar lemak hasil penimbunan pesta makan pada hari raya yang kadang tidak terkontrol.

Dok. ITB Lintang

BACA JUGA: Komunitas itb-Lintang, Mengumpulkan Alumni untuk Gowes Bareng (Part 1)

“Khusus tahun 2022 ini, event Gowes Ketupat diselenggarakan setelah bulan Syawal. Pertimbangannya menyesuaikan jadwal dengan PPKM agar lebih aman  dengan banyak peserta,” kata Ketua ITB-Lintang, Betha Sidik dalam siaran persnya yang diterima Turisian.com, Senin 27 Juni 2022.

Sedangkan Gowes Ketupat kali ini mengambil lokasi Bandung sebelah Barat, dengan mengunjungi dan mengelilingi area genangan dari Bendungan Saguling.

Bendungan Saguling sendiri adalah titik terjauh. Dari situ peserta kembali ke arah Bandung, melalui Kota Baru Parahyangan (KBP), kemudian finish di Alun-alun Cimahi.

Gowes bareng ini tidak semua harus selalu bersama, tetapi menyesuaikan dengan kenyamanan kecepatan dari para goweser itu sendiri.

Foto: Dok. ITB Lintang

BACA JUGA: Dari Saling Menjajaki Pengalaman, itb-Lintang Jadi Makin Eksis

Dijelaskan Betha, Lintang melibatkan marshal dan juga sweeper agar goweser bisa bersepeda sesuai dengan rute yang telah tersedia. Tanpa perlu merasa khawatir ketinggalan.

Selanjutnya, Goweser bergerak dalam rombongan, sesuai kelompok kecepatannya, dengan pendampingan para marshal.

“Ada beberapa titik untuk istirahat, agar waktu gowes tetap terkontrol. Titik istirahat ini sebagai titik untuk regroup, setelah terpisah karena perbedaan kecepatan gowes,” ungkap Betha.

Begitu pun panitia, menyiapkan mobil sweeper untuk membawa logistik, supaya keperluan minum dan asupan energi buah pisang selalu ada sepanjang jalan.

Medali Finisher

Dalam event ini setiap goweser yang berhasil mencapai titik finish akan mendapatkan medali finisher.

Medali ini sebagai apresiasi keberhasilan menyelesaikan rute dari Gowes Ketupat.

BACA JUGA: Gowes ZTZ Bogor-Bandung Dilepas, Lewati Rute Puncak 121 Km

Lintang Gowes Ketupat
Foto: Dok.ITB-Lintang

Awal Lintang Gowes Ketupat

Lintang Gowes Ketupat berawal pada tahun 2017, sebagai bagian dari persiapan untuk mengikuti event Gowes Merdeka di Yogyakarta; dengan waktu event yang berdekatan dengan hari lebaran.

Persiapan sangat matang guna memberikan rasa nyaman para goweser Lintang yang akan mengikuti event dengan rute lebih dari 100 km itu.

Tentu, rute yang memang memiliki medan jalan raya bervariasi seperti dataran datar, naik, dan turun dengan elevasi dan gradien yang cukup ekstrim.

Wado Loop, misalnya mensimulasikan gowes dengan medan nanjak dan menurun yang bervariasi, dengan jarak lebih 100 km.

BACA JUGA: Inilah Finisher Pertama Ajang Gowes ZTZ 2022 Bogor – Bandung, Tempuh Jarak 121 Km

Dok. ITB-Lintang

Perjalanan Gowes Ketupat

Berikut beberapa kegiatan gowes yang pernah diselenggarakan oleh ITB-Lintang:

2017 – Wado Loop

Event Wado Loop adalah event gowes Ketupat yang pertama kali terlenggara.

Dengan start dari McD Cibiru – Nagreg – Limbangan – Malangbong – Wado – Sumedang – Cadas Pangeran – Bandung.

2018 – Cibatu Loop

Cibatu Loop mengambil rute dari Cibiru – Nagreg – Malangbong – Cibatu – Situ Bagendit – Leles – Nagreg – Bandung.

2019 – Terowongan Cisumdawu

Event gowes Terowongan Cisumdawu ini adalah event khusus yang kerjasama dengan Bina Marga, untuk bisa melewati Terowongan Cisumdawu yang baru selesai. Tetapi jalan tolnya masih dalam pembangunan.

Rutenya ITB Jatinangor- Cikuda – Tanjung Sari – Pamulihan – Terowongan Cisumdawu – Alun-Alun Sumedang – Cadas Pangeran – Tanjunga Sari ITB Jatinangor.

BACA JUGA: Cerita Dibalik Event Gowes Anudax 2022, Siapa Goweser Haryoko?

2022 – Saguling Loop

Saguling Loop adalah event yang yang berlangsung pada 26 Juni 2022, dengan mengambil daerah di Bandung bagian barat. Sebelumnya lebih banyak ke timur Bandung.

Rute: start Taman Kopo Indah – Nanjung – Cililin – Ranca Panggung – Bendungan Saguling – Kota Baru Parahyangan – Cimahi.

Medan Gowes Ketupat

Foto: Dok ITB-Lintang

Medan gowes dari Gowes Ketupat rencangannya secara khusus, yaitu menyusuri jalan raya – yang bisa jadi juga jalan desa – tentu saja yang sudah beraspal atau beton.

Rute Gowes Ketupat

Rute gowes Ketupat saat ini masih ke wilayah Jawa Barat saja. Lebih khusus  daerah yang dekat dengan Bandung. Mengingat start gowes selalu dari sekitar Bandung.

Jenis Sepeda Yang Digunakan

Karena medan dari gowes Ketupat adalah jalan raya, maka jenis sepeda yang  peserta yang memutuskan. Bisa yang sesuai  dengan kenyamanan bersepeda, karena gowes bareng ini bersifat touring, rekreasi.

Peserta Gowes Ketupat

Pada awalnya peserta diperuntukkan bagi internal Lintang, tetapi kemudian dibuka untuk selain Lintang juga. Karena banyak goweser yang berminat mengikutnya.

Pembukaan untuk umum ini bertujuan supaya bisa mewadahi goweser dari luar Lintang yang ingin ikut gowes bareng. Atau  touring dengan jarak lebih dari 50 km.

BACA JUGA: Ragam Foto Peserta Gowes Anudax 2022 Kategori 150 Km

Tim Support Gowes Ketupat

Lintang menyediakan marshal untuk memandu agar gowes sesuai yang telah direncanakan.

Dimana ada, sweeper untuk memastikan goweser yang tertinggal tetap bisa gowes tanpa perlu khawatir ditinggalkan.

Dan mekanik yang akan membantu goweser apabila ada masalah dengan sepedanya di perjalanan.

Termasuk melakukan penjagaan, jika ada goweser yang ingin beristirahat dulu sambil menunggu rekan lainya pada  titik kumpul terdepandepan.

Selain tim support teknis, event Gowes Ketupat juga akan didukung tenaga medis dengan ambulance yang akan menyertai. ***

Pos terkait