Gowes ZTZ Bogor-Bandung Dilepas, Lewati Rute Puncak 121 Km

Gowes ZTZ Bogor-Bandung
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor, Jawa Barat Herry Karnadi mengangkat bendera start, tanda dimulainya gowes ZTZ 2022 Bogor-Bandung dari Balai Kota Bogor, Sabtu 11 Juni 2022. Foto: Turisian.com/Djati

TURISIAN.com – Gowes ZTZ Bogor-Bandung pagi ini, Sabtu 11 Juni 2022 pukul 06.30 dilepas Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor.

Peserta event gowes dalam rangkaian Hari Jadi Kota Bogor ke-540 ini akan menempuh jarak sejauh 121 Km. Dan, peserta gowes yang berjumlah 300 orang ini akan finish di titik 0 atau KM 0 Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor Herry Karnadi berharap event ini bisa berjalan dengan lancar dan para peserta bisa sampai tujuan dengan selamat.

Selain itu, event yang bertajuk Tour de Zero to Zero (ZTZ) ini  juga bisa menjadi media kampanye untuk menyampaikan hidup sehat, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan.

Sejak pukul 05.30 peserta event Toour de Zero to Zero (ZTZ) telah berkumpul di halaman Balai Kota Bogor, Sabtu 11 Juni 2022. Foto: Turisian.com/Djati

BACA JUGA: Peserta Gowes ZTZ Bogor-Bandung, Siap Membelah Puncak

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Semoga, bisa terus terjaga kontinuitas eventnya. Dan pada saat pandemic semakin membaik, pesertanya akan lebih banyak lagi,” kata Herry terkait Gowes ZTZ Bogor-Bandung.

Ada Peserta ZTZ Dari Purwokerto

Reporter Turisian.com Djati yang berada dilokasi start melaporkan para peserta sudah hadir sejak pukul 05.30 wib di Balai Kota Bogor.

Mereka tidak saja berasal dari Kota Bogor, namun juga dari daerah lain seperti Kota Bandung, Bekasi, Jakarta hingga dari Purwokerto.

Supriadi dari Banyumas Cycling Community bahkan sengaja gowes dari Pirwokerto ke Bogor  menggunakan sepeda lipat (Seli) untuk bisa ikut dalam event ini

“ Saya datang gowes dari Purwokerto. Hobi saja sih ya. Kebetulan kan sejak pandemi libur, tidak gowes jauh. Mumpung ada event ini, saya ikut saja,” kata Supriadi yang kini memasuki usia ke 56 tahun.

Rute yang ditempuh, sebelum akhirnya tiba di Kota Hujan Bogor yakni Pantai Selatan, Pangandaran-Pameungpeuk-Sindangbarang-Pelabuhanratu-Citorek-Malingping-Depok dan tiba Bogor.

Peserta gowes ZTZ mulai start dari KM 0 Balai Kota Bogor pukul 06.30 wib. Foto: Turisian.com/Djati

BACA JUGA: Komunitas itb-Lintang, Mengumpulkan Alumni untuk Gowes Bareng (Part 1)

Selanjutnya, ia akan gowes kembali ke Kota Bandung bersama peserta ZTZ Lainnya.

Sementara itu, Ketua Panitia ZTZ Lek Senin mengatakan secara persiapan gowes ZTZ tahun ini sudah maksimal. Termasuk para peserta sudah mengetahui rute dan apa saja yang harus dilakukan selama event.

“Alhamdulillah dari sisi persiapan clear ya. Termasuk tim marshall yang akan terus memonitor peserta dari Chect Point satu ke lainnya,” kata Lek Senin.

Event ini sendiri diinisiasi oleh komunitas Bike to Work (B2W) Gowel Bogor yang dilaksanakan setiap tahun.

Tahun 2018 Peserta ZTZ Berjumlah  1.800 Orang

Pada tahun pertama (2010) diiikuti oleh 100 peserta dengan rute yang sama (Bogor-Bandung). Bahkan sebelum pandemi, tahun 2018 peserta yang ikut event ini mencapai 1.800 orang.

Supriadi (56) peserta dari Purwokerto yang ikut dalam ZTZ 2022. Foto: Turisian.com/Djati

BACA JUGA: Ragam Foto Peserta Gowes Anudax 2022 Kategori 150 Km

Format ZTZ 2022 hadir menawarkan jalur klasik puncak dan padalarang, Start dari KM 0 Kota Bogor dan Finish di KM 0 Kota Bandung serta terbuka untuk semua jenis sepeda.

Tujuan dari kegiatan ini diantaranya; bersepeda bersama untuk mempererat silaturrahim antar pesepeda maupun komunitas. Sambil menikmati pemandangan sepanjang jalur klasik Bogor menuju Bandung.

Kemudian juga kampanye “sepeda” sebagai alat tranportasi yang ramah lingkungan sebagai salah satu solusi perubahan iklim.

“Termasuk, kampanye pendekatan gerakan ‘zero waste cycling’ atau bersepeda dengan meminimalkan sampah terutama sampah plastic,” kata Lek Senin. ***

Pos terkait