Sungai Cikeas Bogor Jadi Objek Wisata Baru, Ini Tanggal Launching-nya

Sungai Cikeas Bogor
Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C) membersihkan sungai untuk mendorong sebagai salah satu wisata baru. Foto: Ist

TURISIAN.com – Sungai Cikeas Bogor jadi objek wisata baru yang segera launching. Kawasan ini bakal menjadi salah satu destinasi menarik.

Penggerak atau inisiatif Sungai Cikeas jadi tujuan wisata yakni datang dari warga perumahan Vila Nusa Indah 3, Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor.

Mereka mulai melakukan bersih-bersih sungai. Seperti mengangkat sampah bambu dari sungai. Termasuk sampah plastik buangan.

Adalah  Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C) menginisiasi pembangunan sebuah destinasi wisata berbasis kuliner bernama Dermaga 6 Sejak akhir Tahun 2021.

Mungkin tanpa menduga, kehadiran Dermaga 6 itu sekaligus ikut mengatasi persoalan sampah bambu Sungai Cikeas.

Pasalnya, destinasi tersebut berada pada bibir sungai. Mengindahkan Dermaga 6, berarti pula menjadikan bantaran sungai bersih dan terawat.

BACA JUGA: Situ Gede Bogor, Sajikan Alam Menawan Hingga Jadi Pusat Penelitian Hutan Internasional

Gayung pun bersambut. Gerakan warga ini mendapat sambutan Kepala Desa Bojongkulur, Firman Riansyah.

Strategi Pembangunan Desa Wisata Bojongkulur

Tak ingin hanya sebatas itu, Firman pun mengakselerasi dan mendengungkan strategisnya mengembangkan Bojongkulur sebagai Desa Wisata.

Konsep ini pun mendapat dukungan banyak kalangan dan berkembang menjadi sebuah program kegiatan.

Telah terealisasikan dalam sebuah pencanangan pada akhir Bulan Mei 2022. Mendapat sentuhan berbagai pihak, program Desa Wisata Bojongkulur pengembangannya makin tajam pada  sasaran ‘pasarnya’.

Ketua Desa Wisata Bojongkulur yang juga Ketua KP2C Puarman merasa tertantang untuk mengelola Dermaga 6 dan sekaligus Sungai Cikeas.

Sederet Program Wisata

Foto: Ist

Dari idenya beserta rekan lainnya, lahirlah kemudian sederet program wisata yang rencana pengembangannya oleh unit kerja Desa Bojongkulur tersebut.

BACA JUGA: Ingin Coba Sosis Premium Ala Jerman, Datang aja ke Puncak Bogor

Mereka berencana mengembangkan wisata sungai, wisata kuliner dan juga wisata olah raga.

“Untuk tahap awal dimulai dari wisata susur Sungai Cikeas. Dengan menikmati panorama sungai Cikeas nan asri dan aman,” ucap Puarman dalam keterangan kepada wartawan, Senin 6 Juni 2022.

Puarman menambahkan wisata susur Sungai Cikeas tersebut akan launching pada Sabtu, 18 Juni mendatang.

Wisata Susur Sungai Menggunakan Perahu Karet

Wisata Susur Sungai Cikeas tersebut rencananya menggunakan perahu karet (river boat).

Selain untuk sarana hiburan yang menyenangkan. Susur sungai ini harapannya juga menjadi wahana edukasi dan melatih ketahanan fisik peserta.

BACA JUGA: 7 Tempat Wisata di Bogor yang Menarik Dikunjungi Bersama Keluarga

“Susur Sungai Cikeas merupakan kegiatan mengenal ekologi sungai dan karakteristik sungai. Kegiatan ini meliputi pengenalan arus air. Komponen maupun ekosistem yang ada di sungai, lingkungan sekitar sungai serta badan sungai,” tambah Puarman.

Dari sisi keselamatan, wisata Susur Sungai Cikeas ini aman dari ancaman bencana alam banjir karena dukungan sistem peringatan dini TMA milik KP2C yang penempatanya pada  hulu sungai (Cibinong dan Cikeas).

“Arus Sungai Cikeas terbilang tenang dan aman. Semua peserta akan memakai alat pelindung diri seperti pelampung dan helm. Dan yang terpenting, operator perahu boat sudah memiliki sertifikat federasi arung jeram Indonesia,” jelasnya. ***

Pos terkait