Pesta Kesenian Bali 2022, Event Terbesar dan Terlama Berbasis Lokalitas

Pesta Kesenian Bali 2022

TURISIAN.com – Nama Bali sudah tenar hingga ke mancanegara sebagai tujuan wisata yang eksotis dan memesona. Mulai dari objek alam hingga budayanya. Nah bagi Sobat Turisian pecinta seni dan budaya, waktu liburan terbaik liburan ke Bali saat Pesta Kesenian Bali (PKB) 2022 berlangsung.

Perhelatan terbesar dan terlama yang berbasis lokalitas ini, hasil kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Bali dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Di dalamnya bakal meriah dengan menampikan banyak karya seni klasik dan tradisi lokal.

Hebatnya lagi, event Bali ini akan berlangsung selama satu bulan penuh. Mulai dari tanggal 12 Juni hingga 10 Juli 2022, bertempat di Taman Budaya Provinsi Bali.

Pesta Kesenian Bali merupakan festival kesenian tahunan terbesar di Bali. Tahun ini, akan melibatkan lebih dari 16 ribu seniman dan 200 sanggar, serta komunitas seni.

Pertunjukannya pun akan dilaksanakan secara langsung di panggung, bukan virtual seperti pada tahun sebelumnya. Namun, penontonnya tetap akan ada pembatasan sesuai dengan protokol kesehatan CHSE.

Tema & Sajian Utama Pesta Kesenian Bali 2022

Event Bali ini sudah rutin diadakan sejak 1978 dan tahun 2022 merupakan penyelenggaraan yang ke-44. PKB 2022 mengusung tema “Danu Kerthi: Huluning Amreta (Memuliakan Air Sumber Kehidupan)”. Tema tersebut bakal dieksplorasi oleh para seniman untuk menghasilkan karya yang memamerkan potensi, ciri khas, maupun keunikan tradisi dari berbagai daerah di Bali.

Baca juga: Mengenal Sejarah dan Budaya Pulau Dewata di Museum Bali

Pesta Kesenian Bali 2022 pun makin spesial karena akan menampilkan delapan sajian utama. Ada Peed Aya (Pawai), Rekasadana (Pergelaran), Wimbakara (Lomba), Kandarupa (Pameran), Kriyaloka (Workshop/ Lokakarya), Widyatula (Sarasehan), dan Adi Sewaka Nugraha  (Penghargaan Pengabdi Seni).

Pengemasan rangkaian acaranya juga akan lebih lengkap dan menarik agar menjadi daya tarik wisata. sehingga bisa menambah peluang kerja buat masyarakat lokal dan membangkitkan perekonomian.

Nikmati pula Pameran Industri Kecil dan Menengah. Di mana seniman, perajin, sampai pelaku usaha bakal memamerkan karya seni dan produk kreatif mereka. Sobat Turisian jangan lupa membeli buat cendera mata.

Jadwal Pesta Kesenian Bali 2022

Ajang Pesta Kesenian Bali 2022 akan dimulai dengan pelepasan Peed Aya (Pawai) di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali. Rencananya, sebanyak 25 grup akan memeriahkan pawai ini. Berlanjut acara di panggung terbuka Ardha Candra dengan agenda Rekasadana (Pergelaran) sendratari berjudul “Catur Kumba Mahosadhi”.

Pada hari-hari berikutnya akan ada gelaran berbagai perlombaan, pertunjukan seni, pameran seni, dan parade budaya. Ada pula lokakarya seni lukis wayang klasik pada 14 Juni 2022, lokakarya wayang kulit Calonarang 16 Juni 2022, lokakarya Joged Bumbung tradisi pada 20 Juni 2022. Lalu lokakarya kain tenun tradisional Bali di tanggal 24 Juni 2022 dan masatua Bali akan berlangsung pada 25 Juni 2022.

Baca juga: Megibung, Tradisi Makan Bersama Warisan Kerajaan Karangasem Bali

Acara penutupannya juga akan spektakuler dengan menampilkan pergelaran sendratari “Tirtha Mahottama” dan ada penyerahan Adhi Sewaka Nugraha (Penghargaan Pengabdi Seni). Bagi Sobat Turisian yang enggak bisa nonton seluruh rangkaian acaranya secara langsung, bisa nonton aja lewat siaran YouTube Pemerintah Provinsi Bali.*

 

 

 

Sumber: indonesia.travel

Pos terkait