Tiga Spot Terbaik di Samosir untuk Menikmati Keindahan Danau Toba dari Ketinggian

Samosir Danau Toba
Menara Tele di Samosir, spot terbaik menikmati Danau Toba. (source: visitsamosir)

TURISIAN.com – Danau Toba merupakan anugerah Tuhan yang luar biasa bagi wisata Indonesia dan khususnya masyarakat Batak. Pesona keindahan alamnya luar biasa, hingga danau ini menjadi ikon wisata Sumatera Utara dan layak masuk Destinasi Super Prioritas Indonesia.

Saking populer dan memesona, tak lengkap rasanya jika Sobat Turisian datang ke Sumatera Utara tanpa berkunjung ke Danau Toba. Serta tak sempurna pula rasanya jika berkunjung ke Danau Toba tanpa datang ke Pulau Samosir “Negeri Indah Kepingan Surga” di tengah danau.

Samosir dengan sebutan Negeri Indah Kepingan Surga memang tak berlebihan. Pasalnya pulau ini menyajikan keindahan yang sangat menakjubkan. Dari pulau ini pula, Sobat Turisian bisa menikmati pesona Danau Toba yang memukau.

Nah, berikut ini ada rekomendasi tiga spot terbaik di Samosir untuk menikmati keindahan Danau Toba yang tak boleh Sobat Turisian lewatkan. Saat liburan di danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara ini!

1. Menara Pandang Tele Danau Toba

Spot pertama ada Menara Pandang Tele yang terletak di Kecamatan Harian. Di sini Sobat Turisian akan dibuat takjub dengan keindahan Danau Toba. Bangunan ini sudah ada sejak tahun 1988, sebelum Samosir mekar menjadi kabupaten baru, masih di bawah Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara.

Tempat ini pun sangat nyaman untuk Sobat Turisian santai menikmati pemandangan alam Danau Toba. Dengan hembusan angin yang memanjakan tubuh.

Tak jauh dari menara, juga terdapat bangunan modern bertingkat dua, berstandar internasional dan ramah lingkungan. Di situ Sobat Turisian bisa mencicipi beragam menu kuliner di restoran yang berada di lantai dua.

Baca juga: 4 Kuliner Khas Danau Toba dengan Cita Rasa Otentik yang Wajib Dicoba

Untuk bisa sampai di Menara Pandang Tele, Sobat Turisian hanya membutuhkan waktu sekira 45 menit dari Pangururan, ibu kota Kabupaten Samosir. Perjalanannya pun cukup menarik karena akan melewati jalan mendaki dan berliku, namun tersaji pemandangan barisan pohon pinus dan lembah indah.

Sementara, jika Sobat Turisian berangkat dari Bandara Internasional Sisingamangaraja XII Silangit, butuh waktu sekitar 2 jam.

Sobat Turisian juga akan dikenakan biaya tiket masuk ke Menara Pandang Tele. Dengan harga yang sangat terjangkau. Hanya sekitar Rp7 ribu dan biaya parkir sebesar Rp2 ribu.

2. Bukit Holbung Danau Toba

Samosir Danau Toba

Tempat terbaik berikutnya merupakan spot alam berupa perbukitan, namanya Bukit Holbung. Lokasinya masih di Kecamatan Harian, tepatnya di Desa Hariarapohan. Spot ini menyuguhkan panorama padang rumput (sabana) yang luas berlatar belakang birunya Danau Toba.

Bukit Holbung juga dijuluki sebagai Bukit Teletubbis dan juga Bukit Cinta karena keindahannya dan nuansanya yang eksotis serta romantis. Hingga tak heran, banyak yang memanfaatkan Bukit Holbung sebagai lokasi foto prewedding.

Menuju ke tempat wisata Samosir ini, Sobat Turisian akan menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Pangururan. Sementara dari Menara Pandang Tele membutuhkan waktu hanya sekira 45 menit. Sesampainya di kaki bukit, pengalaman wisata Sobat Turisian akan semakin lengkap dan berkesan. Karena harus berjalan kaki mendaki sampai puncak dengan waktu kurang lebih 15 hingga 20 menit.

Masuk ke objek wisata sekitar Danau Toba ini, Sobat Turisian mesti membayar retribusi. Tenang, harganya tak akan menguras kantong, hanya Rp5 ribu kok!

3. Menara Pandang Simanindo Dugul Sinapuran Samosir

Samosir Danau Toba

Terakhir ada Menara Pandang Simanindo Dugul Sinapuran yang masuk spot terbaik menikmati pesona keindahan Danau Toba, Sumatera Utara dari ketinggian. Lokasinya ada di Desa Simanindo, Kecamatan Simanindo, Samosir.

Di menara tersebut, Sobat Turian bisa akan memanjakan mata dengan hamparan Danau Toba yang biru, plus belaian hembusan angin yang bikin betah. Lebih menarik lagi di kala senja tiba, langit jingga saat tenggelamnya matahari sungguh memesona dan eksotik. Jangan lupa untuk berfoto untuk menambah koleksi foto instagenik Sobat Turisian!

Baca juga: 5 Varian Kopi Asal Sumatera Utara dengan Aroma dan Cita Rasa Khas

Akses ke menara yang satu ini tak terlalu sulit, hanya menempuh perjalanan selama 30 menit dari Pangururan. Kalau berangkat dari Pelabuhan Tomok,  Sobat Turisian juga hanya membutuhkan waktu 30 menit. Sedangkan jika mulai perjalanan dari Pelabuhan Simanindo, hanya butuh waktu sekira 5 menit.

Setelah puas menyaksikan pemandangan alam Danau Toba dari ketinggian, Sobat Turisian juga bisa langsung turun ke pantai dengan hamparan pasir yang luas dan panjang. Di pantai ini, Sobat Turisian bisa santai sejenak atau memanjakan telapak kaki dengan pasir lembut yang terhampar di sepanjang pantai.*

Pos terkait