Berjumpa Ratusan Elang di Pusat Konservasi Elang Kamojang Garut

Pusat Konservasi Elang Kamojang
Jenis Elang Bondol di Kandang Display PKEK Garut. (Foto: Iwan)

TURISIAN.com – Ada satu tempat wisata di Garut yang menarik dan wajib Sobat Turisian kunjungi, karena di situ bisa berjumpa ratusan burung elang. Tempatnya di Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK), sebagai yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK) menempati area seluas 11 hektare dan memiliki ratusan elang yang sedang proses penelitian atau rehabilitasi. Lokasinya ada di Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Berada di daerah pegunungan Darajat dekat pembangkit listrik tenaga geothermal Kamojang.

Mengutip dari laman jabarprov.go.id,  pembangunan PKEK berlangsung pada 2014 lalu. Atas kerja sama tiga pihak yaitu BKSDA kementerian Lingkungan Hidup, Pertamina, dan Komunitas Raptor Indonesia.

Alasan pendirian tempat rehabilitasi dan konservasi elang Kamojang ini, untuk mencegah kepunahan burung elang dari berbagai jenis dan berbagai daerah di Indonesia. PKEK memiliki tiga fungsi utama, yaitu melakukan rescue, rehabilitasi, dan fungsi edukasi untuk masyarakat.

Asal dan Latar Elang di PKEK Garut

Sementara puluhan hingga ratusan ekor elang di sini, berasal dari berbagai daerah se-Indonesia yang datang pertama kali dengan berbagai kondisi. Ada dari hasil penangkapan masyarakat, peliharaan masyarakat, dan lain-lain. Kondisi fisiknya pun bermacam-macam, banyak yang fit tapi banyak pula yang cedera.

Baca juga: Atraksi Seni Tradisional Lais Asal Garut yang Memukau dan Bikin Tegang

Bagi elang yang sebelumnya menjadi peliharaan masyarakat, maka otomatis cara makan, karakter, dan kemampuan terbangnya berubah. Sehingga di tempat inilah, ada proses rehabilitasi dan pelatihan seperti berada di habitatnya.

Pusat Konservasi Elang Kamojang
Kandang Display di PKEK Garut.

Elang yang melakukan rehabilitasi tersebut, akan berada di kandang karantina yang membutuhkan waktu 3 bulan tergantung kondisinya. Sebelum kembali ke habitat aslinya.

Selain kandang karantina, di Pusat Konservasi Elang Kamojang ini pun terdapat kandang khusus bagi elang-elang yang sudah siap lepas liar di alam bebas. Namun, kandang ini harus jauh dari kerumunan orang, sehingga pengunjung tidak boleh memasuki zona tersebut.

Area Display & Jenis Elang di Kamojang

Ada lagi kandang display, yang pengunjung bebas mengunjunginya. Di sini Sobat Turisian bisa berjumpa berbagai jenis elang yang berpenampilan cukup gagah. Di kandang display ini, terdapat  aneka jenis elang, seperti elang bondol, elang ular, elang brontok gelap, elang ular natuna, hingga elang jawa. Konon, elang jawa adalah yang paling dekat dengan wujud lambang negara Indonesia, yaitu Burung Garuda.

Di setiap kandang tertera papan informasi terkait identitas elan. Mulai dari nama panggilan dan nama latin, jenis, asal satwa, dan tanggal kedatangan ke kawasan PKEK. Keterangan lainnya mengenai fisik hingga status apakah elang tersebut terancam punah dan sebagainya. Wah menarik buat nambah pengetahuan Sobat Turisian!

Baca juga: Pulau Dua Banten Sajikan Keindahan Alam dan Atraksi Ribuan Burung

Dalam pengelolaan dan mengoperasikan PKEK, ada 1 orang dokter hewan dan belasan relawan yang siaga setiap hari di lokasi. Sedangkan fasilitas yang melengkapi tempat wisata Garut ini, antara lain puluhan kandang perawatan, satu unit bangunan klinik lengkap dengan peralatan medisnya, kawasan edukasi, dan kawasan pelepasliaran.*

Pos terkait