Atraksi Seni Tradisional Lais Asal Garut yang Memukau dan Bikin Tegang

Seni Lais Garut
Seorang pemain seni Lais sedang unjuk gigi di atas seutas tali tambang. (Foto: Iwan)

URISIAN.com – Indonesia memiliki atraksi seni tradisional yang memukau, bahkan hingga membuat tegang siapa pun yang menyaksikannya. Seperti salah satunya atraksi seni Lais asal Garut, Jawa Barat. Sobat Turisian harus coba nonton secara langsung, biar terasa sensasi menegangkannya.

Seni Lais sendiri merupakan seni akrobatik tradisional asli dari Kabupaten Garut. Atraksi seni ini pun sudah tercatat sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia sejak 2016.

Seni tradisional Garut tersebut, menampilkan ketangkasan akrobatik seseorang. Umumnya dilakukan kaum laki-laki. Yang bikin tegangnya, akrobatik ini dilakukan di atas seutas tali sekitar 6 meter yang membentang di antara dua tiang bambu setinggi 12-13 meter. Bayangkan Sobat Turisian, betapa mengerikannya akrobat di atas ketinggian belasan meter tanpa pengaman lagi.

Pertunjukannya dimulai setelah peralatan siap, barulah sang pemain naik dari tiang bambu hingga mencapai tali di atas. Di atas tali itulah, sang pemain unjuk gigi kehebatannya. Seperti berjalan, tiduran, bersantai, bergelantung, berputar, hingga membelah buah kelapa dengan goloknya.

Baca juga: Hanya Lima Bahan, Ini Resep Anti Gagal Burayot Khas Garut

Semua atraksi itu dilakukan tanpa pengaman, makanya tidak untuk ditiru dan perlu latihan yang cukup lama. Dengan kehebatannya itu, pertunjukan seni lais kerap menghipnotis para penonton.

Meski menegangkan, namun atraksi ini cukup memukau dan menghibur penonton setiap pementasannya. Suasana pertunjukanya pun semakin seru karena iringan musik tradisional Sunda. Ada tabuhan kendang, reog, terompet Sunda, kadang tampil aksi lawakan dan pencak silat. Sesekali terdengar jeritan penonton yang histeris melihat atraksi tersebut.

Asal-Usul Seni Lais Garut

Beberapa sumber menyebutkan, secara historis istilah Lais ini berasal dari kisah zaman dulu seorang pemanjat pohon kelapa bernama Laisan. Ia berasal dari Kampung Nangka Pait, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut.

Di kampungnya Laisan terkenal sangat terampil dalam memanjat pohon kelapa. Dengan keahliannya tersebut, Laisan kerap menjadi tontonan bagi masyarakat saat memanjat pohon. Lama-lama kegiatan ini menjadi kebiasaan dan hiburan masyarakat.

Baca juga: 5 Atraksi Wisata Ikonik Indonesia yang Bikin Takjub Saat Melihatnya

Nah kebiasaan dan keramaian itulah membuat para tokoh kesenian di daerah setempat tertarik. Mereka pun meminta agar Laisan memodifikasi keterampilannya itu untuk pementasan seni di depan khalayak ramai.*

 

 

 

Pos terkait