Kuota Mudik Gratis 2022 Ditambah, Ini Link Resmi Cara Daftarnya

Kuota mudik gratis 2022
Kuota mudik gratis tahun 2022 ditambah menjadi total 10.080 penumpang untuk keberangkatan di akhir April 2022. ( Instagram.com/ @kemenhub151)

TURISIAN.com – Kuota mudik gratis 2022 ditambah dan para calon pemudik diharapkan untuk segera mendaftar.

Berita gembira tentang penambahan kuota mudik gratis 2022 ini disampaikan langsung oleh Budi Setiyadi selaku Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Perubahan kuota mudik gratis 2022 ini juga dampak dari penambahan sejumlah unit kendaraan untuk sarana transportasi nantinya.

Budi Setiyadi menyampaikan bahwa, dari kuota semula sejumlah 350 unit kendaraan, pihaknya kini telah menyiapkan sebanyak 700 kendaraan.

BACA JUGA: Perhatikan Syarat Perjalanan Udara dan KA Selama Ramadhan 2022 Ini

Termasuk diantaranya adalah bus serta truk seperti dikutip TURISIAN.com- dari Antaranews pada Jumat 15 April 2022.

“Mudik gratis tahun 2022 ada perubahan, kami menambah kuota yang semula kami siapkan kendaraan sebanyak 350 unit. Kini kita siapkan kendaraan sebanyak 700 unit, maka dengan 700 kendaraan tersebut sudah termasuk diantaranya adalah bus serta truk,” kata Budi kepada awak media di Jakarta seperti dikutip Turisian.com dari Antaranews, Jumat 15 April 2022.

Penambahan Rute Mudik

Sebelumnya dikabarkan, Dirjen Kemenhub tersebut menyiapkan kuota mudik gratis 2022 untuk calon penumpang yang beruntung sebanyak 10.500 kuota.

Namun, kini ada penambahan jumlah kuota termasuk juga penambahan rute transportasi mudik ke sejumlah daerah di Indonesia. Seperti diantaranya ialah tambahan rute ke Ngawi di Jawa Timur.

BACA JUGA: Pantai Watu Ulo Gratiskan Tiket Masuk Selama Libur Lebaran, Sampai Kapan?

“Nantinya akan ada tambahan rute mudik ke Ngawi di Jawa Timur. Yang lainnya seperti Solo, Semarang, Purwokerto, Pemalang, Slawi, serta Tegal juga jadi tujuan mudik gratis,” ungkap Budi Setyadi.

Kota-kota lainnya di daerah Jawa Barat juga tidak luput dari sasaran mudik gratis di tahun 2022 ini seperti Kota Cirebon, Tasik, Garut dan Ciamis.

“Daerah Jabar juga masih , sekitar Kota Cirebon, Tasik, Ciamis dan Garut,” sambungnya kemudian.

Ditambahkan Budi, di program mudik gratis 2022 ini juga akan ada sekitar 2.000 kendaraan sepeda motor yang akan difasilitasi oleh Kemenhub.

BACA JUGA: Catat Nih, 5 Pantai Indah di Natuna Buat Tujuan Libur Lebaran Nanti!

Kendaraan tersebut, akan  dibawa dari Jakarta dengan menggunakan armada pengangkut seperti truk untuk menuju kota tujuan mudik di sekitar Jawa Barat serta Jawa Tengah.

Untuk rencana keberangkatan mudik gratis ini sendiri masih sesuai dengan jadwal awal. Yakni selama tiga hari berturut-turut di tanggal 27, 28 hingga 29 April 2022.

Sementara itu dikutip dari mudikgratishubdat.dephub.go.id, bagi calon pemudik diharuskan untuk melakukan pendaftaran secara online di situs resmi yang telah tersedia di https://mudikgratishubdat.dephub.go.id/.

Persiapan untuk Mendaftar

  1. Siapkan data diri dari peserta penumpang sebelum untuk menginput secara online.
  2. Buka situs web resmi yang telah tersedia.

Akses Halaman Utama Website

  1. Di halaman utama website, klik ‘Daftar Mudik’, lalu akan keluar tampilan yang berisikan soal syarat serta ketentuan yang berlaku, baca dengan seksama dan kemudian klik ‘Lanjut Daftar’ jika kamu setuju dengan syarat serta ketentuan yang berlaku, maka selanjutkan akan diarahkan ke halaman ‘Data Peserta’.

Isi Data Diri

  1. Isi nama lengkap sesuai dengan yang terteradi Kartu Identitas Penduduk (KTP).
  2. Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai dengan KTP dengan maksimal 16 digit angka.
  3. Nomor HP yang aktif serta bisa dihubungi.
  4. Ketika ada pertanyaan ‘Apakah anda sudah divaksin?” jawab pertanyaan tersebut dengan memilih satu pilihan saja, yakni 1x vaksin, 2x vaksin atau Booster.
  5. Kemudian klik pilihan apakah kalian akan mudik sendiri, penumpang (2) atau penumpang (3).
  6. Jika kalian mudik dengan mengikutsertakan penumpang lain, klik pilihan apakah dewasa atau anak, lalu isi kelengkapan data berupa nama lengkap, NIK serta vaksinasinya.
  7. Pastikan terlebih dahulu data yang diisi sudah benar dan sesuai.
  8. Lalu centang pilihan yang berbunyi bahwa kalian telah menyetujui syarat serta ketentuan yang berlaku apabila data yang dimasukkan sudah benar.
  9. Selanjutnya, klik tombol ‘Kirim Data Peserta’ untuk menuju ke halaman ‘Pilih Jadwal’.
  10. Pilihlah lokasi keberangkatan mudik di daftar yang telah tersedia dengan mengklik salah satu pilihan saja.
  11. Calon pemudik bisa memilih pilihan mudik saja atau mudik-balik, dan isi pertanyaan selanjutnya.
  12. Terakhir klik tombol ‘kirim’ untuk mendapatkan kode Barcode.
  13. Sobat Turisian bisa klik ‘Lihat Detail Pendaftaran’ untuk mengetahui detail data yang telah didaftarkan.
  14. Simpan Barcode tersebut untuk proses pengambilan tiket. ***

Pos terkait