Berwisata dengan Mengendarai 5 Jenis Becak Khas Indonesia

Becak Khas Indonesia
Jajaran becak di pinggir jalan Yogyakarta.( Instagram.com / @matawira_)

TURISIAN.com – Becak khas Indonesia merupakan salah satu alat transportasi tradisional yang keberadaanya cukup dikenal di tanah air.

Namun, apakah sobat Turisian tahu bahwa berbagai daerah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri mengenai desain serta metode dalam mengendarainya?

Ya, masing-masing daerah, terutama di sejumlah desa maupun tempat wisata, becak bukan hanya dijadikan sarana untuk mengangkut barang. Melainkan dijadikan sebagai sarana pariwisata.

Bila rutenya cukup jauh, banyak juga dijumpai wisatawan lokal dan mancanegara yang lebih memilih untuk menelusuri jalan di tempat pariwisata dengan mengendarai becak.

Sensasinya tentu akan jauh berbeda jika berkeliling tempat wisata dengan menggunakan mobil dengan mengendarai becak.

Semilir angin di pedesaan yang sejuk akan lebih mudah menerpa wajahmu, kesegaran yang jarang di temukan di wilayah perkotaan.

BACA JUGA: 7 Tempat Ngabuburit di Yogyakarta Buat Nunggu Buka Puasa

Nah, jika sobat Turisian berwisata ke lima tempat di Indonesia ini. Jangan lupa ya untuk jalan-jalan dengan becak khas Indonesia seperti dikutip TURISIAN.com- dari adria.co.id pada Jumat, 8 April 2022.

1. Becak Dayung, Medan – Sumatra Utara

Apakah becak tersebut melaju dengan cara di dayung? Tentu tidak, sebab itu hanyalah penamaan dari masyarakat setempat.

Becak dayung bisa dengan mudah sobat turisian temukan jika sedang berwisata di Kota Medan, Sumatra Utara.

Pengendara becak berada tepat di samping becaknya dan menggunakan kekuatan dari sepeda yang dikendarainya untuk menggerakkan becak tersebut.

Kendaraan dari Medan ini hanya bisa menampung maksimal dua orang penumpang dewasa dan juga biasa digunakan sebagai alat angkut barang.

Uniknya, selain di Medan, becak jenis ini juga bisa sahabat turisian temui di beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

BACA JUGA: 7 Jenis Rujak Khas Indonesia yang Serba Sehat dan Nikmat

Becak Birmingham Small Arms

2. Becak Siantar

Masih di Pulau Sumatra, dan sesuai dengan namanya, becak berasal dari Kota Pematangsiantar.

Berbeda dengan becak dayung yang dikemudikan dengan menggunakan kekuatan sepeda, becak siantar ini dikemudikan dengan menggunakan motor yang juga terletak di sebelah kanan kursi penumpangnya.

Keunikan pada becak Siantar terletak pada motornya, sebab motor yang digunakan kebanyakan adalah motor merk Birmingham Small Arms yang telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan memberikan kursi penumpang di sebelah kirinya.

Kelebihan dari becak ini adalah, penumpang tidak perlu khawatir akan terkena paparan sinar matahari, sebab di bagian atas dan depan kursi penumpang telah diberikan atap dan penutup yang berfungsi sebagai penghalang sinar matahari. Sebenarnya becak Siantar  sempat menjadi tren di masa lalu, namun sayangnya saat ini sudah jarang ditemui, bahkan kini becak Siantar sudah termasuk ke dalam salah satu benda yang cukup bersejarah.

BACA JUGA: TWA Angke Kapuk, Wisata Alam di Jakarta yang Bikin Fresh

Karakteristik dari becak Jawa

3. Becak Makassar

Sekilas, becak Makassar ini terlihat sangat unik karena bentuknya yang mungil, dan hanya dapat ditumpangi oleh satu orang saja.

Becak ini dapat sobat turisian temui di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, saking istimewanya becak ini, masyarakat setempat bahkan sampai membentuk perhimpunan khusus yang biasa digunakan sebagai media penyuluhan dan pelatihan bagi para pengemudi becak Makassar.

Penyuluhan tersebut biasanya berisikan tentang tata krama serta cara berkomunikasi yang baik dalam melayani para wisatawan yang datang sebagai wujud kepedulian terhadap sektor pariwisata di Makassar.

4. Becak Gorontalo

Pasti sobat turisian sudah familiar dengan yang namanya bentor, alias becak motor.

Kendaraan ini mudah sekali dijumpai di Gorontalo, bedanya dengan becak Siantar adalah letak pengendara becaknya.

Pengendara bentor di Gorontalo mengendarai motornya dari bagian belakang kursi penumpang, hebatnya lagi, bentor di Gorontalo bahkan bisa mengangkut hingga lima orang penumpang, tiga orang di depan serta dua lainnya di belakang si pengemudi bentor.

BACA JUGA: 7 Kuliner Khas Ramadhan Berbagai Daerah di Indonesia

5. Becak Jawa

Nah, ini adalah salah satu jenis becak yang namanya sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

Karakteristik dari becak Jawa sangat khas, bisa terlihat dari posisi pengemudi yang berada di belakang kursi penumpang.

Berbeda dengan becak Makassar, becak Jawa bisa mengangkut dua orang penumpang dewasa.

Becak ini masih menjadi sarana transportasi andalan di sejumlah daerah di Indonesia seperti Jawa Tengah, Jawa Barat dan juga Jawa Timur. ***

Pos terkait