Presiden Jokowi Luncurkan Mobil Listrik Pertama Dari Indonesia

Jokowi Luncurkan Mobil Listrik
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membubuhkan tanda tangan di kap mobil listrik rakitan pertama dari Indonesia. (Instagram/@Jokowi)

TURISIAN. com – Presiden Jokowi luncurkan mobil listrik pertama yang dirakit di Indonesia,  di Kabupaten Karawang, Jawa Barat Jumat 18 Maret 2022.

“Saya meluncurkan mobil listrik Hyundai IONIQ 5 dari pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, siang tadi,” kata Jokowi seperti dikutip Turisian.com dari akun resminya, siang ini.

Menurutnya, momen peluncuran ini adalah tonggak penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesi.

“Karena inilah mobil listrik pertama yang dirakit di Indonesia untuk memenuhi pasar Indonesia dan ekspor,” ujarnya.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Camping, Begini Isi Tendanya

Pemerintah akan selalu mendukung setiap investasi kendaraan listrik di Indonesia dan juga pengembangan industri hulunya terutama industri baterai.

“Kita punya nikel, punya kobalt sebagai material penting untuk baterai litium. Bauksit yang bisa diolah menjadi aluminium dan kemudian bisa jadi kerangka mobil listrik. Serta tembaga yang dibutuhkan untuk baterai dan sistem kabel-kabel di mobil listrik,” papar Presiden.

Beberapa investor akan memulai konstruksi pengolahan nikel dan kobalt Indonesia menjadi bahan material litium baterai.

“Harapan saya, pada tahun 2024, mobil-mobil listrik yang diproduksi di Indonesia sudah menggunakan baterai listrik. Dan juga komponen-komponen penting lainnya yang diproduksi di Indonesia,” tutup Jokowi luncurkan mobil listrik sebagai kebanggaan negeri ini. ***

Pos terkait