Selain Pantai yang Indah, Labuan Bajo Miliki Compang To’e Melo yang Menarik Dikunjungi

Compang To'e Melo
Kampung Budaya Compang To'e Melo Labuan Bajo. (indonesia.travel)

TURISIAN.com – Labuan Bajo memang menarik dikunjungi, bergeser dari pantai-pantainya yang indah, kita sudah bisa menemukan objek wisata lainnya yang juga memesona. Salah satunya kampung budaya Compang To’e Melo.

Di kampung yang berada di ketinggian 624 mdpl ini, wisatawan akan disuguhi eksotisme panorama alam Indonesia timur yang memanjakan mata. Termasuk keindahan lanskap Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Suasana Compang To’e Melo berhawa sejuk khas pegunungan dan asri. Sangat berbeda dengan kawasan NTT lainnya yang terbilang cukup panas.

Meski berada di dataran tinggi, namun wisatawan tak perlu bersusah payah mendaki hingga berkilo-kilo meter untuk tiba di kampung budaya tersebut. Disarankan menyiapkan jaket, terutama jika berencana untuk menginap karena suhunya cukup dingan. Berkisar antara 10 derajat hingga 20 derajat celcius.

Bagi yang berminat menginap, di sana tersedia dua homestay yang bisa disewa. Di tempat penginapan ini, wisatawan bisa menyaksikan tarian Khas Manggarai. Biasa digelar dalam upacara penyambutan rombongan wisatawan yang berkunjung.

Tarian khas itu disebut Tari Caci. Dibawakan para pria asli Kampung Budaya Compang To’e Melo dengan menggunakan konstum tradisional. Dengan mengenakan topi khas, penari juga dilengkapi pecut dan tameng.

Baca juga : Inilah 4 Daya Tarik Desa Wisata Bantaragung yang Wajib Dikunjungi

Sepintas gerakan tarinya mirip tarian perang dengan adegan saling memberikan perlawanan, saling  serang, dan saling cambuk. Tari Caci memiliki nilai filosofis sebagai wujud rasa syukur terhadap Tuhan sebagai Sang Pencipta semesta.

Atraksi wisata lainnya yang bisa dilakukan wisatawan, yaitu berkeliling kampung sambil menyaksikan aktivitas warga yang mayoritas bertani dan dikenal ramah. Lebih berkesan lagi sambil belajar dan mengenal tentang budaya setempat.

Puas berkeliling kampung, saatnya rehat sejenak sambiol menikmati kopi khas NTT dan gula aren yang dijual di sana. Jangan lupa juga untuk membeli produk suvenir sebagai cendera mata untuk dibawa ulang. Tersedia beragam kriya, seperti tenun songket, keranjang, topi, compang (peci khas Manggarai), dan kesetan.

Uniknya, tempat belanja di sana pun sudah dilengkapi metode pembayaran digital dengan menggunakan scan QRIS. Jadi tak perlu khawatir jika tidak membawa uang tunai

Lokasi Kampung Budaya Compang To’e Melo berada di Desa Liang-Ndara, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Berjarak sekira 70 km dari pusat kota Labuan Bajo, tak jauh dari jalan utama Trans Flores.

Baca juga: Labuan Bajo Garap Waterfront, Ini Tujuannya

Perjalanan dpaat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Akses jalannya pun sudah mulus, sehingga membuat perjalanan terasa nyaman dan menyenangkan.*

 

 

Source: indonesia.travel

 

Pos terkait