Pasar Baru Bandung, Surga Pelancong Negeri Jiran, Seperti Ini Kondisinya

Pasar Baru Bandung
Sambil menunggu pembeli, dua penjaga toko pakaian di Pasar Baru ini terlihat sedang berbincang-bincang. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

TURISIAN.com – Pasar Baru Bandung. Nama ini menjadi salah satu tujuan saat berlibur ke Kota Bandung, Jawa Barat.

Tempat belanja (shopping) yang pada  masa Hindia Belanda terkenal paling bersih ini hingga sekarang tetap menjadi tujuan wisata belanja paling favorit.

Terutama bagi wisatawan asal Malaysia, Singapura dan India.

Apa istimewanya. Selain harganya terjangkau, modelnya selalu update. Tentu karena lokasinya  yang sangat dekat dengan jantung kota. Pengunjung bisa belanja sambil menikmati suasana Kota Bandung.

BACA JUGA: Wisata ke Bandung Utara, Apa Saja Yang Bisa Dinikmati ?

Berbagai jenis barang tersedia pada pasar ini. Antara lain aneka pakaian jadi, baju batik, kain batik, baju muslim, bed cover, kebaya, jilbab, dan aneka jenis pakaian lainnya.

Lewat pasar inilah berbagai pakaian dan kain berkualitas baik, menengah sampai rendah sekalipun bisa menjadi pilihan untuk oleh-oleh.

Pasar Baru, pada masa Hindia Belanda akrab dengan sebutan Pasar Baroeweg.

Pasar Tertua dengan 11 Lantai

Pembangunan pasar ini terjadi pada sekitar tahun 1884 yang fungsinya  untuk menggantikan pasar yang lama pada  kawasan Ciguriang.

BACA JUGA: Rasakan Sensasi Suasana Pantai di Tiga Kafe Kota Bandung Berikut Ini!

Pasar ini dulunya masih merupakan pasar biasa. Sebelum akhirnya pada tahun 2001 ada upaya renovasi menjadi Pasar Baru Bandung yang serba modern, lengkap dan banyak mendapat kunjungan wisman.

Sebagai pusat perbelanjaan, Pasar Baru  juga tercatat sebagai pasar tertua yang masih berdiri hingga saat ini dengan 11 lantai termasuk area parkir.

Dari pasar ini banyak sentra penjualan yang terkenal sampai ke negeri seberang.

Belakangan, Pasar Baru menjadi favorit belanja wisatawan Malaysia. Sebelum pandemi Covid-19 jumlah pelancong asal Malaysia yang datang ke Kota Bandung mencapai 50.000 lebih dalam 3.

BACA JUGA: Jalan-Jalan Sore di Tukad Badung, Taman Korea-nya Denpasar Bali

Jumlah tersebut tertinggi dibanding wisatawan asal negara lain. Untuk posisi kedua ditempati wisatawan asal Singapura yang mencapai 3.658 orang.

Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Bandung cukup menggembirakan. Salah satu faktor derasnya wisman, karena semakin banyak maskapai penerbangan yang membuka jalur ke Bandara Husein Sastranegara.

“Banyaknya jalur penerbangan ke Bandung memang sangat signifikan datangkan wisman ke Bandung,” kata Gunawan, pedagang Pasar Baru yang ditemui Turisian.com, Minggu 4 September 2022.

Sambil mempersiapkan dagangannya, sarung bantal, seprei dan beberapa barang kebutuhan tempat tidur, Gunawan mengemukakan, bahwa saat ini tingkat kunjungan belum menyamai sebelum pandemi.

Negara Mana Saja yang ke Pasar Baru ?

“Tapi alhamdulilah, dibandingkan bulan-bulan sebelumnya,” ujarnya.

Berikut 8 besar negara asal wisatawan yang datang ke Kota Bandung:

  1. Malaysia
  2. Singapura
  3. Australia
  4. Amerika Serikat
  5. India
  6. Thailand
  7. Brunei
  8. Belanda

Nah, berikut beberapa tips sebelum kalian memutuskan berkunjung atau berbelanja ke Pasar Baru. Pertama, tidak memakai perhiasan yang mencolok karena suasana pasar selalu ramai dan rawan sekali tindak pencopetan.

Kedua, pastikan kualitas pembelian barang agar tak kecewa nantinya

Ketiga, jika barang tidak menggunakan lebel harga, berarti barang bisa ditawar, dan Anda bisa menawarnya.

Keempat, simpan Tas atau dompet pada  bagian depan badan. Bukannya menakuti tapi hanya menghindari dari hal-hal yang bisa terjadi. Maklum, karena Pasar Baru Bandung sangat ramai. ***

Pos terkait