Festival Krakatau Masuk Kharisma Event Nusantara 2022, Apa Harapannya?

Festival Krakatau
Wisatawan Mancanegara tengah menikmati keindahan alam tempat safari gajah rusa Sambar di Taman Nasional Way Kambas, Lampung. Foto: iStock

TURISIAN.com – Lampung boleh berbangga, karena Festival Krakatau sebagai salah satu kegiatan pariwisata terbesar dinyatakan lolos kurasi dalam Kharisma Event Nusantara 2022.

Terpilihnya Festival Krakatau itu langsung disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Sabtu 27 Agustus 2022.

“Festival Krakatau ini tembus dalam Kharisma Event Nusantara 2022. Ini, tidak mudah bisa masuk dan terkurasi mengalahkan banyak kegiatan pariwisata lainnya,” ujarnya.

Ia menjelaskan bagi kegiatan pariwisata yang lolos dalam Kharisma Event Nusantara 2022 ini merupakan event terbaik yang terkurasi oleh tim dengan penuh kehati-hatian.

BACA JUGA: Melancong ke Pulau Tegal Mas, Wisata Bahari yang Memukau di Lampung

Memiliki Keindahan Alam dan Aset Budaya

“Sejarah Gunung Krakatau ini sangat menarik, memiliki keindahan alam, potensi adat budaya khas Lampung. Dan ini benar-benar menjadi potensi yang sangat memukau bagi setiap wisatawan. Termasuk, para pengunjung yang berkesempatan menyaksikannya atau ikut serta dalam Festival Krakatau,” katanya.

Dia mengatakan penyelenggaraan Krakatau Festival yang rutin sejak 31 tahun lalu. Atau tepatnya pada tahun 1990. Yang kemudian, menjadi bentuk konsistensi pemerintah dalam mengedukasi keberadaan sejarah Krakatau.

Tidak hanya itu, melalui event ini berharap akan makin  menggeliatkan pariwisata daerah.

BACA JUGA: Berlibur ke Lampung? Kunjungi 5 Tempat Wisata Menarik Berikut Ini!

“Ini menjadi peluang kita menyusun pola perjalanan wisata yang penuh dengan pengalaman menarik. Tentu, dengan konsep menggali cerita tentang sejarah Krakatau. Dan tentu event ini berkualitas serta berstandar internasional,” ucapnya.

Ia mengharapkan dengan masuknya Festival Krakatau dalam Kharisma Event Nusantara 2022 dapat menggeliatkan pariwisata di Lampung.

“Harapannya pariwisata di sini semakin bergeliat, dan banyak yang mengenal lagi sejarah Krakatau, seni budaya dan potensi lain yang ada di Lampung,” ucapnya.

Sebelumnya program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 telah diluncurkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebagai upaya membangkitkan geliat kegiatan di daerah.

BACA JUGA: Pantai Sadranan di Gunung Kidul, Surga Tersembunyi Bagi Penggemar Snorkeling

Program tersebut diawali dengan proses kurasi guna menyaring kegiatan yang berkualitas, sehingga bentuk dukungan yang diberikan kepada penyelenggara kegiatan dapat lebih jelas dan terukur.

Lalu terdapat lima aspek utama dalam pemilihan KEN 2022. Pertama,  ialah aspek ide dan potensi inovasi.

Kedua, yaitu pengembangan ekonomi kreatif. Ketiga, event management. Keempat, seni pertunjukan dan budaya. Dan, kelima adalah aspek strategi komunikasi dan media.

Pada 2022 ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menerima 319 usulan kegiatan dari 34 provinsi. ***

Pos terkait