Pantai Sadranan di Gunung Kidul, Surga Tersembunyi Bagi Penggemar Snorkeling

Pantai Sadranan
Pemandangan indah di sepanjang Pantai Sadranan, Gunung Kidul, Yogyakarta. Foto: iStock

TURISIAN.com – Halo Sobat Turisian, bagaimana kalau minggu ini kita ke Pantai Sadranan di Gunung Kidul, Yogyakarta?

Lho, ada apa? Nah ini dia. Buat kalian yang hobi snorkeling, Pantai Sadranan surganya.

Tempat snorkeling yang satu ini sepi dan tenang. Memang Gunung Kidul seperti menyembunyikan tempat wisata yang unik berbeda dengan tempat lain.

Ada beberapa pantai lain sekitar gunungkidul yang bisa  untuk menikmati keindahan bawah laut, salah satunya adalah Pantai Sadranan.

BACA JUGA: Santap Siang dengan Nikmatnya Mie Ayam Goreng Mekaton Yogyakarta

Pasir berwarna putih

Pantai dengan hamparan pasir putih ini masih belum sering terjamah orang. Suasana ini sangat cocok untuk refreshing, menyegarkan pikiran, dan melepaskan kepenatan pekerjaan rutin sehari -hari.

Tersembunyi antara Pantai Krakal, Slili, dan Pantai Ngandong, lokasi Pantai Sadranan di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Untuk menuju pantai ini membutukan waktu kurang lebih selama 2-3 jam dari pusat kota Yogyakarta.

BACA JUGA: Obelix Hills, Tempat Wisata yang Sedang Ngehits di Yogyakarta

Gazebo berderet di tepi pantai

Kamu bisa menyewa gazebo besar yang bisa menampung belasan orang untuk mengadakan pesta kecil di pinggir pantai bersama teman-teman.

Kalau hanya rimbongan kecil, bisa menyewa gazebo kecil. Gazebo ini berderet pada tepi pantai, kalian tinggal memilih sesuai dengan selera kamu.

Tapi jika kamu yang hanya ingin tiduran saja sambil menikmati keindahan pantai disediakan payung beserta karpetnya. Kamu bisa sewa dengan harga antara Rp10.000,00 sampai Rp25.000,00 rupiah.

Penginapan di atas bukit dengan pemandangan lautan luas, bisa juga kamu nikmati. Atau ingin mendirikan tenda di pinggir pantai, pengelola juga menyediakannya.

BACA JUGA: Event Sports Tourism Bola Voli Pantai Gunung Kidul Digelar, Ini Jadwalnya

Tapi yang harus kamu ingat, pengelola akan menegur jika kamu membuang sampah bekas camp di pinggir pantai.

Surga bagi penggemar snorkeling

Bagi pengemar snorkeling, kamu tidak salah pilih tempat. Pantai ini masih jarang dikunjungi, hanya ketika libur agak lebih ramai dibanding hari biasanya.

Suasana yang sepi dan tenang ini bisa menjadi surga bagi penggemar snorkeling yang menyukai kesunyian.

Snorkeling di pantai ini cukup bagus, karena menyimpan keindahan bawah laut yang masih asri.

Kamu bisa berinteraksi langsung dengan penghuni bawah laut, seperti terumbu karang, ikan-ikan hias cantik dan ikan langka yang dilindung. Pasti kamu akan kagum melihatnya.

BACA JUGA: Liburan ke Gunung Kidul Makin Asyik, Setelah Pemerintah Melakukan Ini

Rasa tidak lengkap momen indah ini jika tidak diabadikan. Untuk mengabadikan petualangan bawah air menggunakan kamera underwater.

Pengalaman yang tak terlupakan bisa berfoto dengan ikan ikan cantik, terumbu karang yang bertekstur indah, dan masih banyak lagi yang bisa kamu dapatkan di sini.

Suatu saat momen ini bisa dilihat dari hasil foto yang dibuat.

Harga sewa peralatan snorkeling

Tidak punya alat snorkeling, jangan khawatir, peralatan snorkeling bisa disewa. Hanya dengan membayar Rp40.000,00, kamu akan mendapatkan alat snorkel lengkap kacamata, selang, pelampung, serta sepatu plus pemandu dan kamera underwater.

Tarif ini berlaku untuk dua jam penggunan.

Belum pernah snorkeling? Tidak perlu berkecil hati dan membatalkan untuk snorkeling. Sayang, jika sudah sampai di pantai ini tidak melakukan aktifitas ini.

Bagi masih pemula, sebelum melakukan snorkeling akan dilatih dahulu dasar penggunaan alat snorkeling agar nantinya nyaman saat di gunakan.

BACA JUGA: Menikmati Keindahan Pantai Ngrawe Gunungkidul dengan Taman Hijau nan Cantik

Cara menarik perhatian agar ikan mau mendekat dan tidak takut mendekat, akan kamu dapatkan. Jadi jangan urungkan niat untuk snorkeling.

Waktu snorkeling yang cocok adalah pagi hari antara pukul 06.00-08.00 pagi. Atau sore hari antara pukul 04.00–18.00. Jika ingin menikmati sunset, lebih baik memilih sore.

Mengapa pantai ini bernama “Sadranan? Sadranan berasal dari kata ‘nyadran’. Yaitu ritual sedekah laut sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta lautan. Atas rezeki yang telah mereka dapatkan berupa hasil tangkapan laut yang melimpah.

Benar-benar seperti surga bagi pengemar snorkeling, ya Sobat Turisian. Pasti Takaiters penasaran, ayo kita buktikan. ***

Pos terkait