Paninjauan Baralek Gadang, Warnai Pekan Budaya Sumatera Barat

Paninjauan Baralek Gadang
Rendang Padang, rebusan daging sapi pedas dari Padang, yang ditampilkan juga dalam acara Paninjauan Baralek Gadang. Foto: iStock

TURISIAN.com – Paninjauan Baralek Gadang (PGB) 2022 di Nagari atau desa adat Paninjauan Kecamatan X Kota Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat diikuti ribuan warga.

Pekan budaya yang berlangsung sejak Rabu 17 hingga 20 Agustus 2022 tersebut diisi dengan berbagai kegiatan.

Ketua Panitia PGB Firdaus dalam keterangan tertulis, Jumat 19 Agustus 2022, mengatakan kegiatan berawal dengan pawai alegoris yang dengan sekitar 2.000 peserta.

Peserta pawai denganĀ  judul “Arak iriang” terdiri dari drumband Taman Pendidikan Al Quran (TPA). Berasal, dari tujuh masjid, sekolah, komunitas, bundo kanduang, PKK, dan lain-lainnya.

BACA JUGA: Libur Lebaran di Padang? Jangan Lupa Kunjungi Masjid Raya Sumatera Barat

“Alhamdulillah, pawai kita berlangsung semarak dan peserta yang 100 persen anak nagari kita juga sangat antusias,” kata dia.

Menghibur dan Membuat Warga Senang

Ia mengatakan biasanya kalau setiap pawai 17 Agustus, warga pergi ke Kota Padang Panjang.

Tapi sekarang sudah ada di sini dan tidak hanya jadi penonton, namun bisa menjadi bagian dari peserta pawai.

“Setidaknya salah satu tujuan kita mengadakan acara seperti ini adalah untuk menghibur dan membuat masyarakat senang dan gembira sudah tercapai,” jelasnya.

BACA JUGA: Inilah Keunikan Negeri Ranah Minang, Guys, Apa Saja..?

Pekan Budaya sendiri akan berlangsung hingga Sabtu mendatang. Dengan beberapa lomba seperti memasak Cangkuak, stan kuliner tradisional, makan bajamba, pentas seni tradisional seperti randai dan gandang tambua.

Kemudian pertandingan sepakbola badunsanak yang melibatkan pemain dari empat jorong.

Karya Anak Nagari Paninjauan

Serta stan pameran yang menampilkan karya anak nagari Paninjauan.

Sementara Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian memberikan apresiasi yang tinggi kepada Nagari Paninjauan yang mampu menghelat acara yang sarat dengan nuansa dan nilai-nilai.

BACA JUGA: Air Terjun Nyarai Surga Tersembunyi di Padang Pariaman

Dia berharap kegiatan ini bisa menjadi kalender tahunan nagari. Dan menyatakan Paninjauan Barelek Gadang ini untuk tahun 2023 bisa masuk dalam program unggulan Pemkab, Satu Nagari Satu Acara.

Menurut dia, untuk Kecamatan X Koto, baru satu nagari yang dapat kesempatan masuk program satu nagari satu kegiatan tersebut. Yaitu Nagari Padai Sikek, yang mengusung tema Pandai Sikek Festival.

“Selain itu Paninjauan merupakan nagari yang kaya potensi. Selain punya potensi wisata alam indah dan seni budaya Minangkabau yang kental, juga punya keunggulan di sektor lain. Seperti pertanian dan pendidikan,” kata dia.

Nah buat kalian yang kebetulan sedang ada di Kota Padang, masih punya kesempatan untuk menyaksikan acara Paninjauan Baralek Gadang ini. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait