5 Makanan Khas Kota Solo yang Wajib Dinikmati Kelezatannya!

Makanan khas Solo
Cabuk Rambak Khas Solo.

TURISIAN.com – Saat liburan di Kota Solo atau nama resminya yaitu Kota Surakarta itu, Sobat Turisian tak hanya bisa menikmati objek wisata dan ragam seni budaya tradisionalnya. Namun juga banyak macam makanan khas Solo yang wajib Sobat Turisian nikmati kelezatannya.

Kota Solo bisa dibilang surganya para pecinta wisata kuliner, karena kota yang satu ini menyuguhkan ragam kuliner dengan cita rasa luar biasa. Nah di bawah ini ada 5 makanan khas dari Solo dengan cita rasa autentik dan pastinya menggugah selera!

1. Cabuk Rambak Solo

Makanan khas Solo ini memiliki porsi yang kecil, sehingga banyak yang menjadikannya sebagai camilan dan menyantapnya di antara waktu makan. Di dalam satu porsi cabuk rambak berisi ketupat yang dilumuri saus cokelat pucat berisi biji wijen panggang dan parutan kelapa.

Memakan cabuk rambak agar lebih mantap dan lengkap, Sobat Turisian bisa tambahkan kerupuk untuk menambah tekstur garing pada makanan. Meski penampilannya sederhana, kuliner khas Surakarta ini punya cita rasa luar biasa yang bakal membuat Sobat Turisian ketagihan.

Baca juga: Nikmati Manis dan Kenyalnya Lenjongan, Makanan Tradisional Asli Solo

Kalau penasaran dengan makanan khas Solo ini, Sobat Turisian bisa mampir ke beberapa tempat menjual cabuk rambak yang paling enak di Solo. Di antaranya kedai di Jalan Yos Sudarso No.39, Kauman, Kecamatan Ps. Kliwon, Kota Surakarta. Atau Shelter PKL, di Jl. Menteri Supeno, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta.

2. Timlo Khas Solo

makanan khas solo

Berikutnya ada makanan khas Solo berupa sup dengan kuah hangat bercita rasa gurih yang kaya akan sayur dan protein. Namanya timlo, makanan yang cocok banget untuk isi perut yang kosong di saat cuaca dingin.

Timlo khas Surakarta ini berisi potongan telur dadar gulung, telur pindang, jamur rebus, aneka sayuran, jeroan ayam. Tambah siraman kuah bening panas dan taburan bawang goreng yang renyah.

Sobat Turisian bisa menikmati kelezatan timlo khas Solo ini di beberapa tempat Kota Surakarta. Seperti di Jl. Suryopranoto, Kepatihan Wetan, Kec. Jebres, Kota Surakarta. Atau di Jl. K.H Ahmad Dahlan No.60, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

3. Selat Solo

makanan khas solo

Solo juga punya jenis hidangan steak khasnya sendiri yang biasa dikenal dengan Selat Solo. Asal mula makanan khas Solo ini merupakan pengaruh sentuhan budaya Eropa.

Masakan Selat Solo ini berbahan utama daging sapi, lalu mengolahnya dengan teknik merebus dalam kuah kaldu. Bahan kaldunya terdiri dari bawang putih, cuka, kecap manis, saus Worcestershire, dan garam serta merica.

Baca juga: Wedang Dongo Pak Untung, Kuliner Legendaris Kota Solo sejak Tahun 50-an

Masyarakat lokal Surakarta menganggap hidangan ini sebagai kombinasi steak, sup, dan salad. Uniknya nama ‘selat’ berasal dari bahasa Inggris ‘salad’ yang berarti kombinasi sayur-sayuran. Sobat Turisian pecinta olahan daging sapi pasti ketagihan menyantap makanan yang satu ini.

Selat Solo bisa Sobat Turisian nikmati di sejumlah kedai di Kota Solo. Yaitu di Jl. Bone Utama, Banyuanyar, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. Atau di Bumi, Laweyan, Kota Surakarta.

4. Nasi Liwet Khas Solo

Nasi Liwet khas surakarta

Menu nasi liwet yang asli dari Solo wajib Sobat Turisian coba. Konon katanya nasi liwet khas kota ini adalah salah satu yang paling enak. Nasi putih dengan campuran santan, kaldu ayam, daun salam, serai, dan rempah pilihan ini akan menghasilkan aroma yang membangkitkan selera makan.

Ada pelengkap lauk pauknya berupa telur dadar atau telur rebus yang dimasak dengan kecap manis, masakan suwiran ayam dengan santan, rebusan labu pedas, dan areh atau saus kelapa kental. Wah, bikin ngiler nih Sob!

Saat berkunjung ke Solo, Sobat Turisian dapat mencicipi nasi liwet khas Surakarta ini sejumlah tempat. Di antaranya di Jl. Yos Sudarso, Jayengan, Kec. Serengan, Surakarta dan Jl. Mr. Sartono No.40, Nusukan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

5. Serabi Solo

Serabi Solo

Perjalanan wisata kuliner di Kota Solo, bisa Sobat Turisian tutup dengan kudapan manis, yaitu Serabi Solo. Makanan khas Solo ini merupakan olahan tepung beras yang berpadu dengan santan kemudian menggorengnya seperti panekuk.

Baca juga: Inilah 3 Tempat Wisata di Solo yang Ramah Anak, Bisa Bermain Sekaligus Belajar!

Camilan ini pun bukan sekadar serabi polos, Sobat Turisian bisa menambahkan berbagai topping sesuai selera, di antaranya pisang, taburan coklat, keju, hingga nangka. Kenikmatan di setiap gigitannya, jamin deh bikin ketagihan!

Serabi Solo bisa Sobat Turisian temukan di tempat-tempat yang menjual jajanan tradisional. Seperti pasar tradisional atau bisa langsung datang ke tempat kuliner Serabi Solo legendaris yaitu Serabi Notosuman. Lokasinya di Jl. Mohammad Yamin No 28, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta dan Jl. Gatot Subroto No.215, Kratonan, Kecamatan Serengan, Surakarta.*

 

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel

Pos terkait