Event Gemar Rempah Nusantara 2024 Mulai Digelar Besok, Ini Negara yang akan Ikut

Gemar Rempah Nusantara 2024
Ketua Umum Asosiasi Rempah Nusantara (AKREN), Siti Nur Azizah Ma’aruf (kedua dari kanan) saat berdialog dengan menparekraf Sandiaga Uno dalam acara "The Weekly Brief with Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin 5 Agustus 2024. (Foto: Dok.Kemenparekraf)

TURISIAN.com – Gemar Rempah Nusantara 2024 siap digelar pada 8-10 Agustus 2024 di The Ballroom Pondok Indah Golf Course, Jakarta.

Acara ini didukung penuh oleh pemerintah, dengan tujuan mengangkat kembali jalur rempah sebagai simbol kejayaan Indonesia di kancah internasional.

Dalam sesi “The Weekly Brief with Sandi Uno” di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin 5 Agustus 2024, Menteri Pariwisata  Sandiaga Salahuddin Uno, memberikan apresiasi. Termasuk,  dukungan penuh terhadap penyelenggaraan Gemar Rempah Nusantara 2024.

“Rempah bukan sekadar bahan makanan. Rempah juga bisa menjadi bahan baku batik, produk kosmetik, dan berbagai produk kreatif lainnya. Ini merupakan bentuk ekonomi kreatif berbasis rempah,” kata Sandiaga.

BACA JUGA: Bandung Surganya Wisata Kuliner dengan Ragam Festival yang Menggugah Selera

“Apalagi, 63 persen wisatawan datang ke Indonesia karena kulinernya, yang tentunya kaya akan bumbu dan rempah,” sambungnya.

Sementara itu, Direktur Wisata Minat Khusus Kemenparekraf Itok Parikesit, menambahkan bahwa Kemenparekraf akan mendukung penuh penyelenggaraan Gemar Rempah Nusantara 2024.

“Event seperti ini akan mendorong sektor ekonomi potensial dan pertumbuhan ekonomi nasional,” tegasnya.

Oleh sebab itu, Kemenparekraf berkomitmen akan terus berusaha untuk bisa mengembangkan program Indonesia Spice Up The World.

BACA JUGA: Event Culture Run Bakal Jadi Program Berkelanjutan di Bali

Siti Nur Azizah Ma’aruf

“Dan kami sangat mengapresiasi Gemar Rempah Nusantara yang mendukung pilar ISUTW dengan mempromosikan bumbu dan rempah ke luar negeri,” ujarnya.

Sedangkan, Ketua Umum Asosiasi Rempah Nusantara (AKREN), Siti Nur Azizah Ma’aruf, mengungkapkan bahwa Gemar Rempah Nusantara 2024 bertujuan untuk memperkenalkan dan melestarikan kekayaan rempah nusantara.

Selain itu juga ingin memberikan pengetahuan terkait  produk industri kreatif berbasis rempah.

BACA JUGA: Desa Penglipuran Sehari Bisa Dikunjungi 3 Ribu Lebih Wisatawan, Kebanyakan Keluarga

“Ini sangat sesuai dengan tema besar program pemerintah, Indonesia Spice Up The World, sebagai tindak lanjut dari arahan Pak Wapres,” jelas Azizah.

Selain itu, Azizah juga menyebutkan bahwa event ini akan menghadirkan business matching yang diikuti oleh para pembeli dari berbagai negara. Seperti Uzbekistan, China, Rusia, dan Afrika.

“Kami juga merencanakan transformasi digital terkait rempah setelah acara ini,” tambahnya.

Gemar Rempah Nusantara 2024 tidak hanya menjadi ajang pameran dan promosi. Tetapi juga simbol komitmen Indonesia dalam mengangkat kembali kejayaan rempah di mata dunia. ***

Pos terkait