Mau Nonton Java Balloon Attraction 2024, Datang ke Wonosobo, Ini Jadwalnya

Java Balloon Attraction 2024
Kabupaten Wonosobo kembali mengundang para wisatawan untuk menyaksikan event Java Balloon Attraction (JBA) 2024, yang akan berlangsung pekan ini. (IG/@disparbudwonosobo)

TURISIAN.com – Pemerintah Kabupaten Wonosobo kembali menyelenggarakan Java Balloon Attraction 2024 atau JBA pada akhir pekan ini.

Event tersebut, bakal digalar pada  Sabtu dan Minggu, 3-4 Agustus 2024. Acara ini akan dihadiri oleh pengunjung dari 27 negara Eropa dan Asia Pasifik.

“Tahun ini, penerbangan balon akan berlangsung selama dua hari.  Event Java Balloon Attraction ini merupakan salah satu dari 10 event unggulan Jawa Tengah tahun 2024,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo, Agus Wibowo, dalam keterangan resminya, Jumat 2 Agustus 2024.

Sementara itu, event ini sendiri tercatat sudah tiga tahun berturut-turut dilakasanakan, sejak 2022. Lokasinya tetap di lapangan Taman Rekreasi Kalianget Wonosobo.

BACA JUGA: Komunitas Balon Wonosobo Bakal Bikin Heboh Lewat Festival Balon Udara

Menurut Agus, JBA telah menjadi event andalan daerah. Acara ini menampilkan atraksi balon udara dengan berbagai formasi, baik dua maupun tiga dimensi.

“Pengunjung tidak akan menjumpai atraksi balon di udara dengan formasi seperti ini di festival balon lainnya,” katanya.

“Hal ini yang menjadi daya tarik utama dan selalu dinantikan masyarakat serta wisatawan,” sambungnya.

BACA JUGA: Telaga Menjer Terluas di Wonosobo dengan Pesona Alam nan Indah

Diterbangkan Bersama-sama

Selain melestarikan tradisi, Java Balloon Attraction juga bertujuan meningkatkan kualitas event balon. Khususnya, dalam mendukung pengembangan industri pariwisata.

Termasuk,  meningkatkan perekonomian masyarakat. Acara ini sekaligus menjadi sarana untuk mem-branding pariwisata Wonosobo.

Dalam acara ini, akan ditampilkan balon udara berukuran  3-4 meter. Dengan tinggi yakni maksimal 7 meter.

Nantinya balon-balon tersebut akan diterbangkan secara bersama-sama, membentuk formasi di udara.

BACA JUGA: Dataran Tinggi Dieng Siap Sambut Libur Nataru 2024, Bagaimana Harga Tiketnya?

“Baik balon dua dimensi maupun tiga dimensi akan tampil dengan bentuk tematik. Menggambarkan destinasi wisata di Wonosobo. Hal ini membuat pertunjukan balon menjadi lebih indah, menarik, dan unik,” tambah Agus.

Atraksi balon udara dijadwalkan berlangsung pada pagi hari, pukul 06.00-09.00, untuk memanfaatkan kondisi angin pagi yang lebih tenang.

Selain atraksi balon, akan ada kegiatan lain yang digelar secara parade hingga acara selesai.

Tahun ini, Java Balloon Attraction akan berlangsung selama dua hari, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya digelar satu hari. ***

Pos terkait