Dataran Tinggi Dieng Siap Sambut Libur Nataru 2024, Bagaimana Harga Tiketnya?

Dataran Tinggi Dieng
Salah satu spot wisata di dataran tinggi Dieng. (Dok.Pixabay.com)

TURISIAN.com – Dataran tinggi Dieng, yang terletak di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo, menjadi pilihan menarik. Terutama, bagi mereka ingin menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, Tursiman, dengan tegas memastikan bahwa destinasi wisata Dieng di wilayahnya siap menyambut kunjungan para wisatawan.

“Dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru 2024, kami tetap membuka pintu untuk pengunjung. Kami telah mempersiapkan segala sesuatu agar wisatawan dapat menikmati liburan mereka di Dieng,” ujar Turisman, Sabtu 9 Desember 2023.

BACA JUGA: Sukses Event Dieng Trail Run, Lomba Lari Bakal Ramai Tahun Depan

Meskipun beberapa lokasi di kawasan wisata Dieng tengah menjalani revitalisasi, Tursiman memastikan bahwa pengalaman liburan wisatawan tidak akan terganggu.

Beberapa pembenahan yang dimaksud, diantaranya  fasilitas umum. Termasuk toilet, tempat ibadah, dan area parkir.

“Revitalisasi ini diharapkan dapat selesai pada pertengahan 2024 mendatang,” jelasnya.

Penting untuk dicatat bahwa revitalisasi kawasan wisata Dieng dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

BACA JUGA: Mengenal Candi Dwarawati Dieng yang Mirip dengan Candi-candi di India

Dieng Culture Festival

Sementara itu, meskipun proses ini berlangsung, Tursiman menegaskan bahwa destinasi utama seperti candi tidak akan mengalami perubahan.

Sayangnya, Dieng Culture Festival (DCF) 2023 harus ditiadakan karena proses revitalisasi. Acara tahunan ini, yang seharusnya digelar pada Agustus 2023, harus diselenggarakan pada kesempatan lain.

Namun, bagi wisatawan yang merencanakan kunjungan mereka selama libur Nataru 2024, Tursiman memberikan jaminan bahwa tidak akan ada kenaikan tarif wisata di dataran tinggi Dieng.

BACA JUGA: Telaga Warna Dieng yang Memesona dengan Air Berubah-ubah Warna

Harga tiket tetap bersahabat, dengan tiket terusan untuk Kawah Sikidang dan Candi Arjuna dibanderol seharga Rp 20.000 per orang.

Sementara harga tiket untuk destinasi lainnya berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 15.000 per orang.

“Untuk harga tiket masih tetap, tidak ada kenaikan,” tambahnya dengan senyum.

Bagi para penggemar tempat wisata di dataran tinggi Dieng. Termasuk Kawah Sikidang, Candi Arjuna, Candi Bima, Candi Dwarawati, dan Museum Kailasa, inilah momen yang tepat untuk merencanakan liburan yang tak terlupakan.

Selamat menikmati keindahan Dieng selama libur Nataru! ***

Pos terkait