Telaga Menjer Terluas di Wonosobo dengan Pesona Alam nan Indah

Telaga Menjer Wonosobo
Telaga Menjer di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. (Source: Disparbud Wonosobo)

TURISIAN.com – Destinasi wisata Telaga Menjer merupakan telaga alam yang terluas di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Di sini Sobat Turisian bisa menikmati sajian pesona alam yang indah dan memukau. Dengan suasana yang asri dan sejuk.

Objek wisata ini berada pada ketinggian 1300 meter di atas permukaan air laut hingga tak heran berhawa sejuk. Dengan luas 70 Ha dan kedalaman mencapai 50 m. Lokasinya terletak di Desa Maron, Kecamatan Garung. Sekira 12 km sebelah utara Kabupaten Wonosobo. Fungsi utamanya untuk pembangkit tenaga listrik.

Telaga Menjer terbentuk akibat dari letusan vulkanik di kaki Gunung Pakuwaja. Dulunya air di telaga tersebut hanyalah dari beberapa mata air kecil di sekitarnya dan juga mengandalkan curah hujan yang cukup tinggi di daerah ini.

Pada masa kolonial Belanda, ada perencanaan pembangunan PLTA Garung di bawah telaga tersebut. Makanya ada pembendungan sebagian Sungai Serayu yang berada di sebelah utara Desa Jengkol. Kemudian mengalir melalui terowongan bawah tanah sepanjang kurang lebih 7 km di bawah perkebunan teh PT Tambi yang berada di sebagian wilayah Desa Kreo dan Tlogo.

Selain panoramanya indah, daya tarik lain Telaga Menjer ini memiliki air yang begitu jernih. Sehingga memantulkan benda apapun yang ada di sekitarnya. Bak cermin raksasa alami yang menghampar di alam bebas.

Baca juga: Telaga Warna Dieng yang Memesona dengan Air Berubah-ubah Warna

Sobat Turisian juga dapat menyaksikan indahnya hamparan bukit hijau di sekitarnya. Seolah menjadi benteng bagi keindahan telaga ini. Tambah lagi deretan pepohonan pinus yang tumbuh rimbun mengelilingi telaga.

Daya Tarik lain Telaga Menjer

Hal menarik lainnya, Sobat Turisian bisa menuju ke Floating Garden di tengah telaga. Di spot ini kalian bisa berswafoto di tengah telaga dengan view bantaran telaga dan bentangan Gunung Sindoro yang mempesona.

Buat Sobat Turisian yang suka memancing tidak salah memilih Telaga Menjer karena ikan di sini cukup bervariasi. Tidak hanya itu, kalian juga bisa mengelilingi telaga menggunakan perahu dengan tarif sekitar Rp15.000 per orang.

Untuk memasuki tempat ini, Sobat Turisian hanya mengeluarkan biaya masuk yang cukup terjangkau. Tidak ada perbedaan harga untuk hari biasa maupun akhir pekan. Termasuk juga, tidak ada pembeda untuk harga dewasa maupun anak-anak.

Harga tiket masuk Telaga Menjer Wonosobo, untuk wisatawan domestik hanya sekira Rp5000 per orang dan Rp10.000 untuk wisatawan mancanegara. Sementara untuk jam operasional tempat ini selama 24 jam.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Dataran Tinggi Dieng yang Memesona, Menarik untuk Dikunjungi!

Namun alangkah baiknya kalau Sobat Turisian datang di pagi hari. Karena di sore hari, biasanya kabut akan turun sehingga pemandangan tidak tampak jelas.*

Pos terkait