F8 Makassar Kembali Hadir, Target 600 Ribu Pengunjung dan Transaksi Rp30 Miliar

F8 Makassar
Ilustrasi seni tari sebagai warisan budaya dalam pembukaan event F8 Makassar tahun lalu. Foto: Dok. Kemenparekraf

TURISIAN.com –  F8 Makassar, festival kebanggaan Kota Makassar yang telah dinobatkan sebagai salah satu dari event terbaik di Indonesia, akan kembali digelar pada tahun ini.

Menargetkan 600 ribu pengunjung dan transaksi hingga Rp30 miliar, festival ini siap memikat hati para pecinta seni, budaya, dan kuliner dari seluruh penjuru negeri.

Dalam sesi “The Weekly Brief With Sandi Uno” yang berlangsung secara hybrid di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin 15 Juli 2024 rencana persiapan ini pun di bedah.

Nia Niscaya, Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, menegaskan bahwa F8 Makassar bukan sekadar festival biasa.

BACA JUGA: Geopark Maros-Pangkep dan Pemkot Makassar Dorong Peningkatan Potensi Wisatawan

“F8 Makassar akan berlangsung dari 24 hingga 28 Juli 2024 di Anjungan Pantai Losari dengan tema ‘Unity’,” ungkap Nia.

Festival yang mengusung tema “Unity” ini merupakan kelanjutan dari tema tahun sebelumnya, “The Next Gen Treasure”.

Tema ini menggambarkan bagaimana keragaman bahasa, budaya, dan perbedaan lainnya. Yakni, dari berbagai suku bangsa dipersatukan dalam satu panggung megah.

Sementara itu, Sofyan Setiawan, Direktur Utama PT. Festival Delapan Indonesia, menambahkan bahwa tahun ini akan ada inovasi.

BACA JUGA: Batik Air Luncurkan Rute Makassar-Merauke, Tawarkan Petualangan di Timur Indonesia

Dimana inovasi tersebut,  mencerminkan Kota Makassar di lima zona panggung selama penyelenggaraan hari kedua.

“Suguhan akan mencerminkan semua industri kreatif yang ada, mulai dari musik, film, fesyen, folks, dan lainnya,” kata Sofyan.

Tidak hanya itu, event ini  juga akan melakukan digitalisasi terhadap karya-karya pelaku kreatif di subsektor film dan fusion music.

“Kami memfasilitasi pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan memasukkannya ke dalam platform digital yang telah disiapkan,” tambah Sofyan.

BACA JUGA: Mengunjungi Pulau Gusung Makassar, Keindahannya Luar Biasa Lho Bro

Pintu Masuk Jalur Kebudayaan

F8 Makassar yang diinisiasi oleh para seniman dan budayawan bersama Pemerintah Kota Makassar pada tahun 2015, kini telah menjadi pintu masuk utama bagi jalur kebudayaan Kota Makassar.

“F8 ini resmi berjalan pada tahun 2016 dan kini masuk dalam Top 10 Karisma Event Nusantara,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem.

Sejak awal, F8 Makassar telah berhasil meningkatkan citra dan brand awareness Kota Makassar di sektor pariwisata.

Pada tahun 2023, Makassar bahkan terpilih sebagai lokasi penyelenggaraan tujuh event nasional dan internasional yang melibatkan 80 negara.

BACA JUGA: Makassar F8, Event Internasional yang Diikuti Belasan Negara

Sedangkan, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Vinsensius Jemadu, memberikan apresiasi atas keberhasilan F8 Makassar yang kembali masuk dalam Top 10 Karisma Event Nusantara Kemenparekraf.

“Ini tidak mudah karena dikurasi oleh tim independen yang sangat ahli di bidangnya,” ujar Vinsen.

Ada lima faktor utama yang membuat F8 Makassar masuk dalam Top 10 Karisma Event Nusantara. Yaitu,  ide atau gagasan baru setiap tahunnya, strategi pemasaran yang terintegrasi.

BACA JUGA: Mengunjungi Pulau Gusung Makassar, Keindahannya Luar Biasa Lho Bro

Kemudian manajemen event yang baik termasuk pengelolaan pengunjung dan tempat parkir yang luas, manajemen keuangan yang efektif. Serta dampak positif yang diharapkan dari event ini.

Kepala Cabang Utama Bank Sulselbar, Supriyanto, juga menyatakan dukungannya terhadap F8 Makassar yang diharapkan dapat menggerakkan sektor riil melalui event ini.

Dengan berbagai inovasi dan target ambisius, F8 Makassar 2024 siap menjadi magnet baru bagi wisatawan dan pelaku industri kreatif di Indonesia. ***

Pos terkait