Makassar F8, Event Internasional yang Diikuti Belasan Negara

Makassar F8
Peluncuruan event Makassar F8 dibuka dengan perunjukan kesenian daerah, Rabu 23 Agustus 2023 di Pantai Losari. Foto: Dok,Kemenparekraf

TURISIAN.com – Di tengah hiruk-pikuk dunia yang terus berubah, sorotan tajam tertuju pada panggung spektakuler, Makassar F8 atau International Eight Festival and Forum.

Merangkul anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Makassar F8 bukan sekadar acara biasa.

Lebih dari itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menjelaskan bahwa F8 adalah bagian penting dari geliat ekonomi masyarakat.

“Sorotan mengalir pada F8 sebagai sebuah peristiwa luar biasa. Tentunya, apresiasi tak terelakkan atas upaya ini sebagai tonggak penting dalam membangkitkan roda ekonomi. Dan kita berharap cemerlang di masa mendatang,” ujar Menparekraf, penuh semangat, usai meresmikan Makassar F8 pada hari Rabu, 23 Agustus 2023.

Tahun ini, Sandiaga Uno bukan kali ini saja  meresmikan panggung prestisius. Ini adalah kedua kalinya ia hadir untuk membuka F8 secara resmi.

BACA JUGA: 7 Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan, Dijamin Lupa Pulang Deh!

Keberadaan para tamu dari berbagai negara sahabat menjadi bukti tak terbantahkan bahwa event ini telah dinantikan oleh masyarakat lokal dan internasional.

“Dengan peserta yang memadukan beragam daerah dan negara sahabat, F8 Makassar telah terukir dalam naskah sejarah sebagai acara yang dinanti oleh banyak kalangan,” tambahnya.

Fondasi Ekonomi Indonesia

Pujian juga dialamatkan kepada Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, dan Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, atas penyelenggaraan F8 yang menjadi kontribusi nyata dalam memperkokoh fondasi ekonomi Indonesia.

“Sebagai perwakilan Pemerintah Republik Indonesia, tak henti kami acungi jempol atas F8 ini. Dimana, tak hanya menggelorakan semangat ekonomi. Tetapi juga membawa harapan gemilang. Semoga F8 Makassar semakin bersinar di masa-masa yang akan datang,” paparnya dengan tulus.

BACA JUGA: Serunya Menjelajahi Hutan Mangrove Lantebung Makassar

Tak ketinggalan, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menegaskan bahwa F8 tahun ini mengalami peningkatan gemilang dari tahun sebelumnya.

Panggung F8 tak hanya dimeriahkan oleh penampilan grup musik terkenal. Seperti Cokelat dan Slank, namun juga melibatkan sebelas negara dalam perhelatan ini.

Negara-negara tersebut antara lain Singapura, Thailand, Vietnam, Laos, Filipina, Jepang, Malaysia, Prancis, Australia, Portugal, dan India.

Tak hanya itu, kelima negara anggota ASEAN mengirimkan para perancang mode untuk berpartisipasi dalam F8 di Makassar, yaitu Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Laos.

BACA JUGA: 7 Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan, Dijamin Lupa Pulang Deh!

F8 Makassar, singkatan dari fiction writer and font, flora and fauna, food and fruit. Serta fusion music, film, fashion, dan fine arts, telah memikat hati tamu undangan dari mancanegara.

Di antara mereka, Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar, Mr Ohashi Koichi, Konsulat Jenderal Australia, Mr Todd Dias, dan Perwakilan Kedutaan Prancis, Ms Gwenaelle Amoussa.

Juga turut hadir Perwakilan Duta Besar Amerika Serikat, Mr John Mcdaniel, dan timnya. Juga, Delegasi Kepala Kota Ipoh Malaysia, Mr Arif bin Mohd Zainuddin, serta Konsulat Kehormatan Jerman, Mr Oswald Sirapandji.

Makassar F8 telah mengambil pusat panggung sebagai acara tak hanya untuk mata, tetapi juga untuk jiwa dan semangat kreativitas.

Dalam kerumunan tamu undangan, semangat penuh harap terpancar, mengisyaratkan masa depan yang cerah dalam geliat ekonomi kreatif. ***

Pos terkait