Creative Tribe Gaungkan Kesadaran Kesehatan Mental Pria

Creative Tribe
Ilustrasi. Creative Tribe menggagas kampanye pelarian berkolaborasi dengan mitra saat digelar belum lama ini. Foto: Turisian creativetribejkt.com

TURISIAN.com  – Creative Tribe bersama HatiPlong, RAD 1440, Vox Populi, seniman Baraka, dan sejumlah komunitas olahraga menggelar kampanye pelarian.

Tema yang diambil dalam event ini adalah  “Men’s Mental Health Awareness Month”. Acara ini sukses menarik perhatian publik dengan menyoroti pentingnya kesehatan mental pria.

Menurut keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin 1 Juli 2024 kampanye ini pertama kali digagas pada 2022 dan langsung mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Tahun ini, kampanye tersebut kembali hadir bertepatan dengan perayaan kesadaran kesehatan mental pria di berbagai belahan dunia.

BACA JUGA: Walkot Sebut Komunitas Lari Bogor bisa Ciptakan City of Runners

“Memperingati momen Men’s Mental Health Awareness Month ini, kami dari pelarian ingin mengajak teman-teman. Termasuk,  kerabat semua di mana saja berada. Terutama para teman pria di luar sana bahwa it’s ok to be not ok,” ujar Strategic Planner Creative Tribe, Iman Sadeqh.

Iman menambahkan bahwa pelarian kali ini mendapat dukungan dan kolaborasi dari Baraka. Seorang seniman muda yang memulai karirnya sebagai bentuk pelarian. Yakni,  dari isu kesehatan mental dan kecemasan yang pernah dihadapinya.

Simbol Apresiasi

Sementara itu, dalam acara ini, para peserta diajak berlari santai bersama dengan mengenakan kaus putih sebagai simbol apresiasi. Dan kepedulian terhadap diri sendiri dan orang lain.

BACA JUGA: Dua Komunitas Perupa Magelang dan Yogyakarta Pameran Lukisan di Limanjawi Art House

Usai berlari, peserta dapat mengikuti berbagai aktivitas lain yang telah disediakan. Mulai dari diskusi dan curhat santai bersama psikolog HatiPlong. Hingga menikmati penampilan musik dari seniman-seniman seperti Simon, Odeq, dan YSVN (We are Neurotic).

Selain merayakan Men’s Mental Health Awareness Month, acara ini juga menjadi momen pembuka Baraka Mini Showcase bertema Transcend #BARAKAGOBEYOND.

Showcase ini berlangsung dari 29 Juni hingga 28 Juli 2024 di BIRU Jakarta, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sementara itu, dalam showcase tersebut, Baraka menampilkan lebih dari 20 karya yang dibuatnya antara 2021 hingga 2024.

BACA JUGA: Pecinta Alam Lintas Komunitas Dirikan Posko Mudik Lebaran

Berupa karya kanvas dan artpaper yang merefleksikan perjalanan dirinya menemukan identitas.

“Transcend #BARAKAGOBEYOND yang gue maksud adalah melampaui batas,” ujar Baraka.

“Untuk mencapai kesadaran penuh, kita harus melampaui batas kemampuan diri sendiri,” sambung Baraka.

Bentuk mencapai kesadaran itu, bisa berupa kenangan masa lalu. Atau rasa sakit dan luka yang kita miliki hingga mengubah itu semua menjadi pelajaran dan hal positif. ***

Pos terkait