Kawasan Alun-alun Sumedang Kembali Dibuka untuk Car Free Day

Car Free Day
Seorang pengunjung Car Free Night di Alun-alun Sumedang beraksi bersama cosplay hantu. (Instagram/@lina.marlina.240279)

TURISIAN.com – Setelah nyaris empat tahun absen akibat pandemi Covid-19, Pemda Sumedang bersiap menggelar kembali Car Free Day (CFD). Termasuk, Car Free Night (CFN) di Alun-alun Sumedang.

Rencana ini dibahas dalam agenda dialog Breakfast Meeting bersama Pj. Bupati Sumedang, Kamis 6 Juni 2024 lalu.

Hadir dalam rapat yang berlansung di di Halaman Belakang Gedung Negara, Kabupaten Sumedang tersebut Forkopimda, dan Kepala SKPD.

Penyelenggaraan CFD dan CFN ini didasarkan pada Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 77 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Berkendara.

Di lokasi CFD, warga dapat menikmati berbagai kegiatan mulai dari olahraga, dan  seni. Hingga layanan publik dan pusat jajanan yang melibatkan pelaku UMKM setempat.

BACA JUGA: Parade Berkain Lokal Lestari Berhasil Memukau Pengunjung CFD Jakarta

Sementara itu, Penjabat Bupati Sumedang, Yudia Ramli, mengungkapkan bahwa CFD dan CFN merupakan sarana bagi masyarakat. Yakni untuk berolahraga, bersilaturahmi, dan berekreasi.

“Ini juga menjadi ruang bagi para pegiat seni dan pemuda kreatif untuk mengekspresikan diri, serta mendukung pelaku UMKM,” ujar Yudia.

Kehadiran Pedagang Kaki Lima

Ia menegaskan pentingnya menjaga area CFD dan CFN agar tidak berubah menjadi pasar dadakan.

“Kami memperbolehkan kehadiran pedagang kaki lima (PKL) di lokasi CFD dan CFN. Namun dengan jumlah terbatas dan tetap tertib,” tegas Yudia.

BACA JUGA: Jalan Dago Kembali Gelar Car Free Day, Ini Komentar Pengunjung

Selain itu, Yudia menekankan bahwa CFD dan CFN harus tertata dengan baik agar dampaknya bisa positif bagi masyarakat.

“Kami berharap upaya ini dapat membangkitkan kembali geliat ekonomi. Dan menghapuskan kemiskinan ekstrem di Sumedang melalui pemberdayaan UMKM,” imbuhnya.

Sedangkan Kepala Bidang Keselamatan Pengawasan Lalu Lintas Angkutan Jalan Dinas Perhubungan, Gungun Nugraha, menyampaikan bahwa CFN akan digelar setiap Sabtu. Atau di akhir bulan pada pukul 18.00 hingga 23.00.

Sedangkan CFD rutin setiap Minggu pagi pukul 06.00 hingga 10.00. “Kami sedang kaji bersama Forkopimda,” katanya.

Namun, hingga kini, detail tanggal mulai pelaksanaan CFD dan CFN belum diumumkan. Gungun memastikan informasi lebih lanjut akan segera disampaikan kepada masyarakat. ***

Pos terkait