Parade Berkain Lokal Lestari Berhasil Memukau Pengunjung CFD Jakarta

Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) menggelar parade berkain untuk menyerukan dukungan terhadap produk lokal lestari. Minggu 8 Oktober 2023 di CFD Jakarta. (Instagram/@generasilestari)

TURISIAN.com – Parade Berkain Lokal Lestari mewarnai acara kampanye “Bangga Buatan Indonesia” yang berlangsung di Car Free Day, Jakarta Pusat, Minggu 8 Oktober 2023.

Event ini diinisiasi oleh Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL), bersama dengan Gerakan Hutan itu Indonesia dan Koalisi Ekonomi Membumi.

Sementara itu Kepala Sekretariat LTKL, Ristika Putri Istanti  menyatakan bahwa melalui acara ini, pihaknya ingin mendukung kampanye nasional Indonesia.

Dimana dalam kampanye tersebut menyerukan rasa bangga terhadap produk-produk buatan dalam negeri.

BACA JUGA: Horee, CFD Dago Bandung Kembali Dibuka, Tapi Ada Persyaratan Baru Lho

LTKL juga memutuskan untuk mengambil inisiatif untuk meningkatkan kehadiran produk lokal, sambil menginspirasi kesadaran masyarakat.

Khususnya, tentang pentingnya mendukung pertumbuhan ekonomi lestari dan berkelanjutan, khususnya dalam sektor kriya.

Oleh sebab itu, Ristika berharap, kegiatan ini bisa memotivasi masyarakat untuk lebih menyadari bahwa produk-produk lokal harus didukung secara berkelanjutan.

Terutama produk-produk kriya yang mengambil inspirasi dari alam dan menggunakan pewarna alami.

BACA JUGA: Wamenparekraf Angela Mampir ke Acara Smeshub, Cerita Soal Kain Tenun

Kabupaten Musi Banyuasin

Salah satu produk kriya yang dipromosikan dalam parade ini adalah kain gambo muba. Sebuah kain khas dari Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Kain ini  menggunakan getah gambir alami dalam proses pewarnaannya. Teknik ikat jumputan yang digunakan dalam produksi kain ini menghasilkan beragam warna alami. Seperti cokelat, hitam, kuning, dan hijau yang memukau.

Selain itu, produk-produk kriya lainnya juga turut berpartisipasi dalam parade, termasuk tenun ikat sintang yang merupakan warisan asli suku Dayak.  Serta anyaman pandan yang khas dari Kabupaten Siak.

BACA JUGA: Kain Tenun Khas Gorontalo Menjadi Andalan di Indonesia Fashion Week 2023

Ristika menambahkan produk-produk lokal ini berakar pada alam, dan jika kita beralih ke produk-produk sintetis, kearifan lokal akan terancam punah.

Dalam parade yang penuh semangat ini, peserta yang mayoritas adalah kaum muda berjalan di sepanjang kawasan bebas kendaraan.

Memulai perjalanan dari Stasiun MRT Dukuh Atas hingga sekitar Bundaran Hotel Indonesia. Mereka mengenakan beragam produk lokal sambil memegang poster kampanye “Bangga Buatan Indonesia.”

BACA JUGA: BBTF 2023 Diserbu Ratusan Seller dari 5 Negara

Tujuan utama dari parade ini adalah untuk mengundang masyarakat yang hadir di CFD untuk mengunjungi stan produk lokal LTKL dalam pameran INACRAF di JCC Senayan.

Ini adalah momen spektakuler yang memadukan semangat nasionalisme dengan kepedulian terhadap kelestarian dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Dalam Parade Berkain Lokal Lestari ini, kita semua diajak untuk merayakan kekayaan dan keindahan produk lokal Indonesia. Disamping, sambil merangsang pertumbuhan ekonomi yang ramah lingkungan. ***

Pos terkait