Horee, CFD Dago Bandung Kembali Dibuka, Tapi Ada Persyaratan Baru Lho

CFD Dago Bandung
Masyarakat melakukan olahraga dan bersepeda pada hari Minggu saat car free day di jalan Dago, Kota Bandung, Jawa Barat. Foto: Dok. iStock

TURISIAN.com – Setelah vakum selama tiga tahun gara-gara pandemi, gelaran CFD Dago Bandung atau Car Free Day (CFD) bakal dibuka lagi pada Minggu 4 Juni 2023 mendatang.

Waktunya, dari jam 6 pagi sampai jam 10 pagi. CFD ini bakal diadain dua kali sebulan di Jalan Ir H Juanda, dari Simpang Dayang Sumbi sampai Simpang Cikapayang.

Ada beberapa aturan yang harus diikutin di CFD Dago Bandung kali ini. Kalo melanggar, kamu bisa ditindak sama petugas, loh.

Beberapa aturannya itu termasuk gak boleh jualan di jalan, gak boleh bawa hewan peliharaan, dan juga gak boleh bagi-bagi brosur.

BACA JUGA: Jalan Santai di CFD Solo, Bisa Naik Kereta Batara Kresna

Nah, kendaraan bermotor, becak, sama delman juga gak boleh masuk ke area CFD, kecuali kalo ada keadaan darurat.

Asep Kuswara, Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional Dinas Perhubungan Kota Bandung, bilang, “Kalo ada yang darurat, kayak ambulans misalnya karena ada rumah sakit di area CFD, itu yang diprioritaskan.”

Aturan Volume Suara Musik

Selain itu, kita juga harus jaga kebersihan, ketertiban, dan ketentraman di sana.

Asep nyaranin, “Kita juga harus jagain volume suara musik dan radio. Jngan lebih dari 120 dB ya, itu batas maksimal yang udah ditentuin.”

BACA JUGA: Demi Menghidupkan Pedagang Pasar Wisata, Wali Kota Ini Perpanjang CFD

Kalo kamu bawa kendaraan, ada beberapa tempat parkir yang bisa digunakan. Misalnya di Jalan Dayang Sumbi ada parkir buat 200 motor dan 10 mobil.

Terus di Jalan Teuku Umar ada parkir buat 300 motor dan 10 mobil, dan di Jalan Hasanudin ada parkir buat 200 motor dan 15 mobil.

Asep berharap banget, kita semua bisa patuh sama aturan yang berlaku biar CFD berjalan lancar.

BACA JUGA: Solo Art Market, Hadirkan Suvenir Unik Hasil Handmade

“Ini kan udah tiga tahun gak ada CFD di Kota Bandung. Kita berharap masyarakat ikut serta dan nurutin aturan yang ada,” pintanya.

“Kita juga lagi ngasih edukasi, tujuannya CFD ini buat ngurangin polusi udara dan macet. Selain itu, kita juga bisa jalin interaksi sosial, motivasi buat jalan kaki, dan bisa olahraga juga, loh,” tambahnya.

Ayo, siap-siap ikutan CFD nanti ya! Jangan lupa bawa semangat, patuhi aturan, dan nikmatin suasana seru di sana! ***

Pos terkait