Meski Libur Lebaran Sudah Lewat Pasar Baru Bandung Masih Jadi Incaran Pengunjung

Incaran Pengunjung
Pengunjung Pasar Baru Trade Center Bandung masih terus mengalir, Senin 29 April 2024. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

TURISIAN.com – Meski libur lebaran sudah lewat beberapa pekan lalu, namun Pasar Baru Trade Center Bandung masih menjadi incaran pengunjung. Terutama, mereka yang ingin berburu bahan pakaian.

Sejak memasuki atmosfer Ramadan dan puncaknya pada libur lebaran Idul Fitri, gelombang pengunjung yang mengalir ke sana tak pernah surut.

Bahkan, bahkan pada medio April tercatat jumlah kunjungan mencapai kisaran 12.000 hingga 25.000 orang per hari.

Dipengujung minggu terakhir April ini, misalnya, gemuruh aktivitas belanja masih terus terdengar jelas. Mobilitas warga yang memenuhi lorong-lorong pasar tradisional ini masih cukup mengagumkan.

BACA JUGA: Pasar Baru Bandung Bergeliat di Tengah Antusiasme Ramadan, Pemkot Siap Operasi Pasar

“Masih banyak yang belanja. Memang, gak sebanyak waktu mau lebaran tempo hari ya. Tapi, lumayan bagus penjualan bulan ini,” kata Susi, karyawan salah satu outlet pakaian muslim, saat ditemui Turisian.com, Senin 29 April 2024.

Suasana yang sama juga dirasakan oleh Dadang, pemilik outlet pakaian sekolah, yang mencatat peningkatan signifikan dalam jumlah pengunjung sejak momen lebaran.

“Memang tidak sebanyak seperti sebelum pandemi, tetapi jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya, kondisi sekarang jauh lebih baik,” ujarnya.

BACA JUGA: Penyesuaian Harga SPTB Pasar Baru Trade Center, untuk Menyambut Era Baru

Peningkatan Transaksi Penjualan

Menanggapi lonjakan pengunjung tersebut, Direktur Marketing Pasar Baru Trade Center, Untung BW, mengakui bahwa pasar tersebut memang sedang mengalami lonjakan kunjungan yang signifikan selama libur lebaran.

Tren kunjungan yang meningkat ini tidak hanya menjadi berkah bagi pengunjung. Tetapi juga bagi para pedagang yang mengharapkan peningkatan transaksi penjualan.

“Dari data yang kami kumpulkan, penjualan tertinggi tercatat pada sektor fesyen dan produk turunannya. Dimana, angka mencapai hingga 75 persen dari keseluruhan transaksi,” jelasnya.

BACA JUGA: Menyambut Pergantian Tahun, Pasar Baru Trade Center Luncurkan Shuttle Arnes

Sebelumnya, mendekati dua minggu menjelang bulan puasa, mayoritas pembeli yang datang adalah para pedagang atau produsen lokal sekitar Bandung.

Mereka berbondong-bondong membeli bahan-bahan tekstil untuk memproduksi pakaian sendiri menjelang Ramadan.

Sebagai informasi tambahan, Pasar Baru Trade Center kini telah kembali beroperasi setelah mengalami masa libur pada 10-11 April 2024.

Pencapaian luar biasa juga tercatat, di mana transaksi penjualan mencapai puluhan miliar rupiah selama momen Ramadan hingga Idul Fitri 1445 Hijriah.

Peningkatan ini mencapai 300 persen dibandingkan dengan kondisi normal sebelumnya. Ini menandakan Pasar Baru masih jadi incaran pengunjung. ***

Pos terkait