Pemda Sumut Gelar ‘Familiarization trip’, Undang LADA Malaysia

'Familiarization trip'
Perahu wisata bersandar di Danau Toba, Sumatera Utara. (Foto: Dok.Unplash.com)

TURISIAN.com – Provinsi Sumatera Utara kembali menarik perhatian dunia pariwisata dengan menggelar perjalanan “familiarization trip”. Kali ini bersama Langkawi Development Authority (LADA) dari Malaysia.

Inisiatif yang dijalankan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Sumatera Utara bertujuan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, terutama ke destinasi unggulan, Danau Toba.

Sementara itu, acara Business to Business (B2B) Langkawi Roadshow, yang berlangsung di Medan pada Selasa 5 Desember 2-23, menjadi ajang penting dalam mewujudkan cita-cita tersebut.

Zumri, juru bicara acara, optimistis bahwa “familiarization trip” dapat menjadi kunci peningkatan jumlah wisatawan mancanegara dan devisa negara.

BACA JUGA: Youtube Bakal Contoh Malaysia? Buka Chanal e-Commerce

Menurut Zumri, Malaysia telah menjadi penyumbang terbesar wisatawan ke Sumatera Utara. Para,  pelancong dari negara tetangga tersebut merasa nyaman di tanah Melayu yang kental dengan budaya dan bahasa serupa.

“Wisatawan dari Malaysia mendominasi kunjungan turis luar negeri di Sumut,” ujarnya dengan yakin.

80 Ribu Turis

Data dari BPS Sumatera Utara mencatat bahwa selama Januari hingga Oktober 2023, sebanyak 80.668 turis dari Malaysia mengunjungi provinsi tersebut.

BACA JUGA: Borong ADWI 2022, Provinsi Sumut Kian Gercep Kembangkan Desa Wisata

Kedatangan mereka, menyumbang sekitar 49,3 persen dari total wisatawan mancanegara yang mencapai 163.504 orang dalam periode yang sama.

“Familiarization trip” yang berlangsung pada 4-6 Desember 2023 ini difokuskan pada Danau Toba, yang menjadi salah satu Destinasi Super Prioritas di Indonesia.

Kegiatan ini didukung oleh Konsulat Jenderal Malaysia di Medan dan diharapkan dapat menjadi pendorong ekonomi. Termasuk, menciptakan lapangan kerja, serta membuka peluang investasi yang berkelanjutan.

BACA JUGA: Usai Pandemi Kunjungan, Wisatawan ke Sumatera Utara Naik Hingga 98 Ribu

Sambutan positif pun juga datang dari pihak Langkawi Development Authority (LADA).

Azmil Munif Mohd Bukhari, Manajer Pariwisata LADA, menyambut baik inisiatif “familiarization trip” ini.

Ia menyatakan keinginannya untuk membantu mengenalkan potensi wisata Sumatera Utara kepada masyarakat Langkawi. Dan, mengundang mereka untuk menjelajahi keindahan provinsi tersebut.

BACA JUGA: Mencicipi Kopi Medan Sambil Melancong Ke Istana Maimun, Apa Saja yang Bisa Ditemui?

Apalagi saat ini sudah ada  penerbangan langsung dari Langkawi ke Bandar Udara Internasional Kualanamu maupun Bandar Udara Silangit.

Azmil yakin Sumatera Utara akan menjadi destinasi yang mudah dijangkau bagi wisatawan Malaysia.

“Melalui ‘familiarization trip’ ini, kami ingin menyampaikan pesan agar wisatawan dari Langkawi dapat menambahkan destinasi Sumatera Utara dalam perjalanan wisata mereka ke Indonesia,” ungkapnya dengan antusias. ***

Pos terkait