Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Masuk Taman Terindah Dunia, Ini Komentar Khofifah

Taman Nasional Bromo
Puncak Gunung Bromo yang memberikan pesona tak tertandingi. (Foto: Dok.Unplash.com)

TURISIAN.com – Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Jawa Timur memancarkan keindahan yang memukau. Dan, kini mendapat pengakuan sebagai Taman Nasional Terindah Dunia 2023. Atau The World’s Most Beautiful National Parks versi Bounce.

Sebuah platform layanan perjalanan berbasis di San Fransisco, California, Amerika Serikat (AS).

Dalam peringkat yang prestisius ini, Bromo berhasil merebut posisi ketiga, setelah Kruger National Park di Afrika Selatan sebagai juara. Dan Lençóis Maranhenses National Park di Brasil sebagai runner-up.

Penilaian dari Bounce didasarkan pada sejumlah faktor. Termasuk jumlah postingan Instagram, penayangan TikTok, ulasan daring, dan pencarian kata kunci di Google sepanjang tahun 2023.

BACA JUGA: Kunjungan Wisatawan ke Gunung Bromo Masih Drop, Ini Angkanya

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, merasa bersyukur dan bahagia atas pencapaian luar biasa ini. Dalam keterangannya, ia menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian prestasi tersebut.

“Allhamdulillah. Selain Kawah Ijen yang Juni 2023 lalu ditetapkan sebagai Unesco Global Park, Jawa Timur juga punya Bromo yang keindahannya juga diakui dunia,” kata Khofifah.

“Syukur alhamdulillah tiada terhingga atas besarnya anugerah Allah SWT di Bumi Majapahit ini,” sambungnya.

Bromo, dengan lanskap uniknya, berhasil mendahului taman-taman nasional lainnya seperti Taman Hutan Nasional Zhangjiajie di China dan Taman Nasional Fuji Hakone Izu di Jepang.

BACA JUGA: Aturan Baru Bagi Wisatawan yang datang Ke Gunung Bromo

Gunung Kursi

Oleh sebab itu Khofifah menekankan kecantikan alam Bromo yang memukau. Diantaranya,  Gunung Batok, Gunung Watangan, Gunung Widodaren, Gunung Kursi, padang savana, dan lautan pasir.

Termasuk, bukit-bukit yang membentuk dinding Kaldera Tengger. Di sisi selatan, megah berdiri Gunung Semeru dengan puncaknya Mahameru.

“Selain keindahan alam, Kawasan Bromo yang didiami Suku Tengger juga menjanjikan wisata budaya yang tidak kalah menariknya. Di sana ada berbagai kearifan lokal budaya yang unik dan masih menjaga tradisi leluhur,” papar Khofifah.

Pesona Bromo Tengger Semeru bukan hanya terlihat dalam keindahan alamnya, tetapi juga dalam kehidupan Suku Tengger yang mendiami kawasan tersebut.

BACA JUGA: Asyiiik, Kawasan Gunung Bromo Dibuka Kembali, Ini Tanggalnya

Dengan mayoritas beragama Hindu dan menggunakan dialek Jawa Tengger, suku ini menjadi bagian tak terpisahkan dari pesona budaya Bromo.

Gubernur Khofifah bahkan memberikan pesan khusus kepada para traveler yang belum menyambangi Bromo.

“Yang belum pernah ke Bromo, ayo datang dan nikmati kepingan surga ini. Seumur hidup, paling tidak harus pernah datang ke Bromo,” pintanya.

BACA JUGA: Pengunjung Gunung Bromo Turun Dratis akibat Dampak Karhutla

Dalam penilaian Bounce, Bromo Tengger Semeru berhasil mencuri perhatian dunia dengan lebih dari satu miliar penayangan di TikTok dan lebih dari 930 ribu postingan di Instagram dalam satu tahun terakhir.

Tidak hanya itu, taman nasional ini juga mendapat ulasan sangat baik dengan rating 4,8 bintang.

Bromo Tengger Semeru benar-benar menjadi keajaiban alam yang patut dikunjungi oleh setiap pelancong. Khususnya, mereka yang mencari pengalaman luar biasa di tengah keindahan alam yang memukau. ***

Pos terkait