Asyiiik, Kawasan Gunung Bromo Dibuka Kembali, Ini Tanggalnya

Kawasan Gunung Bromo
Dua pria menunggang kuda di tengah padang pasir kawasan Gunung Bromo. Mulai besok, Selasa 19 September 2023, objek wisata ini dibuka kembali untuk umum. (Dok.Unplash)

TURISIAN.com – Pasca kebakaran dahsyat yang melanda kawasan Gunung Bromo, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) memaksa penutupan sementara.

Kebijakan ini dikeluarkan sejak  6 September 2023, lalu. Tujuannya, untuk mengantisipasi kemungkinan yang tak diinginkan, mengingat masih adanya ancaman sambaran api dari akibat kebakaran hutan.

Salah satu lokasi pariwisata yang terdampak oleh penutupan sementara adalah Ranu Regulo, yang terletak di Kabupaten Lumajang.

Meskipun tempat ini tidak terkena langsung oleh amukan api, kebijakan penutupan ini diberlakukan guna memastikan kelancaran upaya pemadaman kebakaran.

BACA JUGA: Pengunjung Gunung Bromo Turun Dratis akibat Dampak Karhutla

Namun, setelah berjuang keras dalam proses pemadaman yang memakan waktu cukup lama, akhirnya kabar baik  datang.

Gunung Bromo dan seluruh pesonanya akan kembali memikat hati wisatawan akan kembali dibuka, mulai Selasa  19 September 2023.

Rencana pembukaan ini disampaikan Septi Eka Wardhani, Kepala Tata Usaha (TU) TNBS kepada awak media hari ini, Senin 18 September 2023.

“Iya betul (wisata Gunung Bromo akan buka lagi pada Selasa (19/9/2023),” ujarnya.

BACA JUGA: Harga Tiket Terbaru Bermain di Lautan Pasir Gunung Bromo

Dan bagi para pecinta alam yang selama ini merindukan keindahan Ranu Regulo, saatnya bersiap-siap untuk merasakannya kembali.

Ranu Regulo, sebuah danau yang terhampar memukau di dalam kawasan TNBTS, terletak bersebelahan dengan Ranu Pani.

Pemandangan Danau yang Asri

Pengunjung akan kembali dimanjakan dengan pemandangan asri danau yang dikelilingi oleh hutan. Tentu juga, disertai udara pegunungan yang sejuk dan menyegarkan.

Namun, pengalaman wisata di Ranu Regulo tidak hanya sebatas berjalan-jalan santai. Anda juga dapat memilih untuk menikmati malam yang tenang dengan berkemah di tepi danau yang menawan ini.

BACA JUGA: Catat, Tanggal Ini Gunung Bromo Ditutup Total untuk Wisatawan

Bagi yang berencana untuk berkunjung atau berkemah di Ranu Regulo, saat ini Anda dapat langsung datang dan mendaftar di loket Ranu Regulo.

Proses perjalanan akan dimulai dengan memarkirkan kendaraan Anda di Ranu Pani, kemudian berjalan kaki selama sekitar 10 menit menuju Ranu Regulo.

Oleh sebab itu, kabar baik ini telah membuka peluang baru bagi para petualang dan pencinta alam.

Khususnya, untuk segera kembali mengeksplorasi keindahan alam kawasan Gunung Bromo dan pesona Ranu Regulo.

Jangan lewatkan kesempatan ini, dan siapkan diri Anda untuk petualangan yang menakjubkan di alam yang mempesona ini! ***

 

Pos terkait