Pantai Klotok, Pesona Baru di Kabupaten Wonogiri

Pantai Klotok
Keindahan Pantai Klotok di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah ini menyimpan pesona yang cukup indah. (Instagram/@lassijtkl)

TURISIAN.com – Selama ini, Soloraya dikenal sebagai wilayah yang kaya akan budaya dan sejarah. Namun, ternyata di tengah kesejukan daratan, Kabupaten Wonogiri menyimpan Pantai Klotok.

Inilah destinasi terkini yang tengah menjadi perbincangan di kalangan wisatawan.

Pantai Klotok, yang terletak di Desa Wisata Paranggupito, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, menawarkan pesona alam yang memukau.

Terobosan revitalisasi yang dimulai pada bulan Juli 2023 telah mengubah wajah pantai ini, membawanya ke tingkat baru sebagai destinasi wisata yang patut dijelajahi.

BACA JUGA: Terpesona Keindahan Panorama Alam di Gunung Besek Wonogiri

Menurut Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Paranggupito, Agus Kurniawan Darmanto, proses pembangunan Pantai Klotok yang diprediksi selesai pada Desember 2023 sedang berlangsung.

Sedangkan  area yang mendapat perhatian khusus adalah kawasan tebing sebelah timur.

Terhubung ke Pantai Sembukan

Sementara itu,  pengunjung dapat menikmati fasilitas baru seperti pedestrian yang nyaman dan gazebo yang mengundang untuk bersantai.

Keunikan pantai ini  terletak pada aksesnya yang memungkinkan wisatawan berjalan menuju tebing sebelah timur, yang ternyata terhubung langsung hingga ke Pantai Sembukan.

BACA JUGA: Desa Wisata Conto Wonogiri Tawarkan Wisata Edukasi Alam dan Budaya

Mengikuti jalan setapak yang tersedia, pengunjung akan menemukan anak tangga menuju puncak bukit. Dari sini, panorama dua pantai sekaligus, Sembukan dan Klotok, dapat dinikmati dengan penuh kekaguman.

Plaza Pantai Klotok yang baru dibangun di belakang pantai pasir juga telah disiapkan untuk tempat parkir kendaraan.

Agus menceritakan bahwa sebelum mengalami revitalisasi, kawasan pantai ini adalah bekas dermaga terbengkalai yang dulunya merupakan Tempat Perlelangan Ikan (TPI) pada tahun 2006.

Sayangnya, dermaga tersebut tidak pernah digunakan dan akhirnya hancur diterjang gelombang laut selatan yang besar.

Meskipun begitu, sisa-sisa pemecah gelombang dermaga itu masih bisa ditemukan di pantai, memberikan nuansa sejarah pada destinasi ini.

BACA JUGA: Terpukau dengan Pesona Keindahan Jurug Kemukus Wonogiri

Dengan bangga, Agus menyebutkan bahwa setelah revitalisasi, harga tiket masuk ke Pantai Klotok tetap terjangkau, hanya Rp 5.000 per orang.

Wisatawan bahkan dapat menikmati dua pantai sekaligus dengan satu tiket, yaitu Pantai Klotok dan Pantai Sembukan.

Fasilitas parkir juga telah disediakan dengan tarif Rp 2.000 per sepeda motor dan Rp 5.000 per mobil.

Nah, bagi yang ingin mengunjungi Pantai Klotok, waktu terbaik adalah dari pagi hingga sore. Dengan pintu buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Jadi, jangan lewatkan pengalaman tak terlupakan di destinasi eksotis ini ketika berkunjung ke Soloraya! ***

Pos terkait