Minahasa Wakefest 2023, Event Megah di Danau Tondano

Minahasa Wakefest 2023
(Instagram/@minahasa_wakefest)

TURISIAN.com – Siap-siap menyaksikan gemerlapnya Minahasa Wakefest 2023! Turnamen internasional olahraga air ini akan menghadirkan peserta dari 13 negara.

Mereka  akan bersaing di Danau Tondano, Minahasa, mulai tanggal 24 hingga 26 November 2023.

Dalam konferensi pers daring di Jakarta pada hari Senin, 13 November 2023, Ketua Umum Panitia, Rio A. J. Dondokambey, menyatakan bahwa segala persiapan. Termasuk lokasi acara, telah rampung dengan sangat baik.

Dengan tema “Lake Tondano Home For Everyone,” Minahasa Wakefest 2023 tidak hanya sekadar ajang kompetisi.

BACA JUGA: Tari Kabasaran, Tari Perang Lambang Kegagahan Suku Minahasa

Tetapi juga sebuah perwakilan filosofi masyarakat Minahasa yang dinyatakan kembali oleh Sam Ratulangi: “Sitou Timou Tomou Tou,” Artinya manusia hidup untuk memanusiakan manusia lainnya.

Selain dari aspek olahraga, acara ini juga mengajak penonton untuk menikmati persaudaraan dan keharmonisan masyarakat Sulawesi Utara.

Sementara itu, Rio menuturkan bahwa Minahasa secara langsung dipilih oleh International Waterski & Waterboard Federation (IWWF) Asia. Yakni,  untuk menjadi tuan rumah kompetisi IWWF Asia Series 2023.

“Mereka datang untuk memonitor potensial tempat penyelenggaraan, dan akhirnya, Minahasa terpilih,” kata Rio.

BACA JUGA: Mengenal Kain Tenun Bentenan Khas Minahasa, Ada Sejak Abad ke-7

Junjung Tinggi Sportivitas

“Kami bergerak cepat dengan berkoordinasi bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Dan Pemerintah Kabupaten Minahasa pun menyiapkan segala sesuatunya. Mulai dari lokasi acara hingga transportasi,” sambung Rio.

Dalam harapannya, keindahan dan potensi pariwisata olahraga air di Sulawesi Utara. Khususnya Minahasa, akan semakin dikenal oleh masyarakat luas melalui Minahasa Wakefest 2023.

Menanggapi acara ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, memberikan dukungan penuh.

“Kita doakan acara ini sukses dan mari kita sambut Minahasa Wakefest 2023. Junjung tinggi sportivitas, jaga kesehatan, dan utamakan keselamatan,” ujar Sandi.

BACA JUGA: Gunung Tumpa, Spot Terbaik Menikmati Lanskap Kota Mando dari Ketinggian

Dia juga melihat bahwa pariwisata olahraga menjadi bagian penting dari fase baru pariwisata pasca pandemi Covid-19.

Dan hal ini diyakini dapat mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara.

Minahasa Wakefest 2023 diharapkan tidak hanya sukses sebagai acara olahraga. Tetapi juga sebagai promosi bagi Provinsi Sulawesi Utara dan Kabupaten Minahasa.

Perhelatan ini merupakan bagian dari kejuaraan seri Asia 2023 dari IWWF, badan pengatur dunia untuk olahraga air yang ditarik, yang berdiri sejak tahun 1946 di Jenewa, Swiss. ***

Pos terkait