Festival Teluk Doreh, Merayakan Keberagaman Budaya di Manokwari

Festival Teluk Doreh
(Instagram/@my.manuscript)

TURISIAN.com – Tepat di tengah gemerlap perayaan HUT ke-125 Kabupaten Manokwari, Pemerintah Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Festival Teluk Doreh digelar.

Helaran budaya tersebut berlangsung dari tanggal 2 hingga 4 November 2023 dan mampu menarik perhatian wisatawan karena pesona seni budaya dan kreativitas yang menggoda.

Festival yang dibuka oleh  Bupati Manokwari, Hermus Indou ini menjadi panggung bagi ekspresi seni dan budaya.

Sementara itu Biryosi Manokwari, Lapangan Dermaga TNI AL, adalah lokasi yang menjadi saksi atas keindahan budaya Manokwari yang beragam tersebut.

BACA JUGA: Karnaval Blitar Ethnic National Mampu Bikin Ribuan Penonton Terpukau

Hadir dalam pembukaan festival ini Plh Direktur Event Daerah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Diana Indriati, serta perwakilan Dinas Pariwisata Papua Barat, Yakobus Basongan.

Hermus Indou, Bupati Manokwari, menjelaskan Festival Teluk Doreh adalah paket lengkap bagi perkembangan seni budaya dan ekonomi masyarakat Manokwari.

Selama tiga hari penuh, warga Manokwari disuguhi dengan berbagai pertunjukan seni dan kebudayaan yang memukau.

Tak hanya itu, stan-stan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga memamerkan produk-produk andalan mereka dalam festival ini.

BACA JUGA: Jelajah Keindahan Taman Nasional Teluk Cenderawasih di Papua Barat

Warisan Nenek Moyang

Festival ini benar-benar memamerkan kekayaan seni budaya Manokwari yang kaya dan beragam. Selain sebagai kesempatan untuk mengagumi warisan seni budaya nenek moyang.

Disini, pengunjung juga dapat mengeksplorasi dan membeli berbagai produk unggulan dari UMKM Manokwari.

Harapan Bupati Hermus Indou adalah agar para seniman terus berkarya untuk mengembangkan seni budaya di Manokwari, yang akan semakin mengenalkan keberagaman budaya Indonesia.

Sementara para pelaku UMKM diharapkan dapat terus berinovasi untuk memacu potensi ekonomi di Manokwari.

Lebih jauh ia mengatakan, HUT Manokwari yang ke-125 dipandang sebagai momen yang tepat untuk memacu perubahan positif dalam perkembangan wilayah ini.

BACA JUGA: Kehadiran Wisata Kuliner Kaimana, Membuat Kaum Muda Papua Barat Kreatif

Pemerintah Kabupaten Manokwari telah berinvestasi dalam pembangunan dan perbaikan infrastruktur strategis untuk memudahkan pertumbuhan wilayah ini.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Kabupaten Manokwari, Immanuel Hasitongan Pangaribuan, menekankan bahwa Festival Teluk Doreh bertujuan untuk melibatkan masyarakat.

Khususnya, dalam menjaga dan melestarikan seni budaya dan tradisi di Kabupaten Manokwari. Acara ini dipenuhi dengan berbagai lomba dan pertunjukan seni.

Mulai dari pertunjukan seni Wor, lomba musik tradisional, lomba tari kontemporer, hingga lomba cipta lagu dengan tema Manokwari.

BACA JUGA: Mengenal Eksotisme 5 Rumah Adat dari Tanah Papua yang Memiliki Keunikan

Fashion Show

Ada juga lomba Yospan, pemilihan Putri Pantai, dan fashion show dari bahan daur ulang yang menarik.

Setiap harinya, festival ini dimeriahkan dengan penampilan seniman muda Manokwari, yang memukau penonton dengan musik live yang menggetarkan hati.

Selain pertunjukan seni budaya yang memukau, pengunjung juga dapat menjelajahi dan membeli produk-produk UMKM.

Seperti, dari kerajinan tangan hingga kuliner di area festival. Ada 50 stan yang siap menyambut pengunjung untuk meramaikan festival Teluk Doreh.

BACA JUGA: Kopi Ambaidiru asal Papu Tembus Pameran Internasional  di Kota Milan

Puncak acara terjadi pada tanggal 4 November 2023 dengan karnaval budaya yang melibatkan berbagai OPD lingkup Pemkab Manokwari.

Mereka akan memukau penonton dengan beragam pertunjukan seni, menciptakan nuansa harmoni antara budaya Papua dan suku-suku etnik nusantara.

Festival Teluk Doreh bukan hanya perayaan ulang tahun, tetapi juga perayaan keberagaman budaya yang menjadikan Manokwari sebagai destinasi yang kaya akan seni dan tradisi. ***

Pos terkait