Kopi Ambaidiru asal Papu Tembus Pameran Internasional  di Kota Milan

Kopi Ambaidiru
Varian Kopi Ambaidiru asal Yapen, Papua. (Instagram/@kopiambaidiruserui)

TURISIAN.com – Kopi Ambaidiru dari Pulau Yapen, Papua, berhasil menembus pameran bergengsi di Kota Milan, Italia, yang bakal digelar pada 6-7 Oktober 2023.

Kesempatan ini tentu saja menjadi sebuah pencapaian yang memancarkan kebanggaan bagi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Erny Renny Tania, Rabu 4 Oktober 2023, mengungkapkan bahwa partisipasi kopi Ambaidiru dalam ajang internasional ini membuka peluang besar.

Utamanya, untuk lebih mengenalkan kopi asal Papua. Khususnya yang berasal dari Ambaidiru, kepada dunia.

BACA JUGA: Kopi Fest Indonesia 2023, Surga Bagi Pecinta Kopi Bandung

Belum lama ini, kopi Ambaidiru juga telah memasuki pasar Jerman, mencatat prestasi luar biasa sehingga semakin mendunia.

Tania mengekspresikan apresiasinya terhadap tim di balik suksesnya kopi Ambaidiru, yang berhasil membawanya hingga ke panggung pameran di Kota Milan.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen berharap bahwa kehadiran kopi Ambaidiru akan semakin mengilhami masyarakat di seluruh Tanah Papua, bahkan hingga ke mancanegara.

BACA JUGA: Nongkrong di Kafe, Tapi Seperti di Rumah Sendiri, Coba Ke Kopi Rumahan Ini Guys

Kepulauan Yapen

Menurut Tania, langkah selanjutnya adalah mendukung petani kopi di daerah ini. Terutama,  untuk terus mengembangkan usaha pertanian mereka dengan membuka lahan-lahan baru bagi para petani.

“Karena kopi merupakan salah satu komoditas utama di Kepulauan Yapen. Inisiatif ini diharapkan akan memacu pertumbuhan industri kopi Ambaidiru,” ungkap Tania.

Gasper, Head Roaster di Meja Kopi Jayapura, meyakini bahwa kopi Papua memiliki potensi besar untuk tampil di berbagai ajang bergengsi. Baik di dalam negeri maupun di kancah internasional.

BACA JUGA: Kopi Fest Indonesia 2023 akan Berlabuh di Kota Bandung, Catat Jadwalnya Bro

“Kami yakin kopi Papua memiliki daya saing yang kuat di tingkat nasional maupun internasional. Dan, saatnya kopi Papua tampil dan bersaing di panggung bergengsi seperti Kota Milan,” ujar Gasper dengan penuh keyakinan.

Tak hanya kopi Ambaidiru, beberapa varian kopi dari Papua Pegunungan juga turut meramaikan pameran di Kota Milan itu.

Ini menunjukkan bahwa kopi Papua semakin mendapat tempat yang layak di dunia kopi internasional.

Keberhasilan ini membuka jalan bagi lebih banyak peluang dan pengakuan bagi kopi Papua yang berkualitas tinggi. ***

Pos terkait