Kebun Raya Indrokilo ‘Panen’ Pengunjung di Libur Maulid Nabi Muhammad SAW

Kebun Raya Indrokilo
Dua ekor Rusa saat beristirahat di Kebun Raya Indrokilo di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, (Instagram/@indrokilo.botanicalgarden)

TURISIAN.com – Kebun Raya Indrokilo di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, mencatat prestasi gemilang dengan jumlah kunjungan mencapai angka fantastis.

Yaitu 1.224 orang pada hari libur Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada Kamis, 28 September 2023.

Terlihat, pengunjung  berduyun-duyun untuk merasakan keindahan alam yang luar biasa di tempat ini.

“Jumlah pengunjung mencapai 1.224 orang atau meningkat sebanyak 1.087 orang dibandingkan dengan hari-hari biasa, yang hanya mencapai 137 orang,” jelas Lilik Triwahyuni, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebun Raya Indrokilo dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Boyolali, hari ini.

BACA JUGA: KAI Daop 2 Bandung Sebut Terjadi Peningkatan Penumpang yang Ingin Liburan Maulid Nabi

Tidak hanya saat hari libur nasional, Kebun Raya Indrokilo juga memikat para pengunjung di akhir pekan dengan jumlah kunjungan yang bisa mencapai lebih dari 1.000 orang per hari.

Namun, di hari-hari biasa, saat semua kembali ke rutinitas kerja, kunjungan rata-rata berada dalam kisaran 100-150 orang per hari. Kecuali jika tempat ini disewakan untuk acara-acara khusus.

Sementara itu, melihat tingginya animo masyarakat yang datang, manajemen Kebun Raya Indrokilo optimis target  pendapatan sebesar Rp 1 miliar pada akhir tahun 2023 dapat tercapai.

BACA JUGA: Siraman Panjang di Keraton Kasepuhan Cirebon, Mengulang Jejak Sunan Gunung Jati

“Kami berhasil meraih pendapatan dari penjualan tiket masuk pengunjung Kebun Raya Indrokilo Boyolali hingga September 2023 sekitar Rp 700 juta. Kami optimis bahwa kita akan mencapai target Rp 1 miliar hingga akhir 2023,” ujarnya dengan penuh keyakinan.

Pendapatan Asli Daerah

Kebun Raya Indrokilo, yang mencakup area seluas 8,9 hektar, bukan hanya menjadi destinasi wisata yang memukau. Tetapi juga menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Boyolali yang sangat berarti.

BACA JUGA: Hasil Survei RedDoorz Indonesia, Begini Kebiasaan Liburan Beda Generasi

Sebagai informasi, destinasi ini memiliki beragam area menarik. Termasuk Bahtera Nabi Nuh, Air Terjun Niagara, Taman Labirin, Patung Sosro Birowo, dan Ecological House.

Semua area ini cocok untuk diabadikan dalam foto-foto indah.

Sedangakan pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sambil mengenal berbagai jenis tanaman yang ada di sini.

Harga tiket masuk ke kawasan wisata tersebut sangat terjangkau, dimulai dari Rp 5.500 per orang.

BACA JUGA: Jadwal Liburan Berubah, Ini Tips Dapetin Tiket Mendekati Keberangkatan

Dan jika Anda ingin menjelajahi tempat wisata ini dengan lebih nyaman, Anda dapat menyewa kendaraan listrik dengan biaya sewa mulai dari Rp 50.000.

Jadi, jika kalian mencari pengalaman wisata yang tak terlupakan di Jawa Tengah, Kebun Raya Indrokilo adalah tempat yang tak boleh Anda lewatkan.

Dengan pesona alam yang memikat dan beragam atraksi menarik, ini adalah destinasi yang cocok untuk seluruh keluarga dan pecinta alam.

Jangan ragu untuk menjadwalkan kunjungan Anda ke sini dan nikmati keajaiban alam yang luar biasa! ***

Pos terkait